Efektifitas metode simulasi dan feedback yang konstruktif dalam pelatihan cardiopulmonary respiratory untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa

Authors

  • sugiarto sugiarto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • sri sundari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • lisa musharyanti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.488
Abstract views 3069 times

Keywords:

metode simulasi, feedback konstruktif, pengetahuan dan keterampilan

Abstract

Respiratory cardiopulmonary merupakan salah satu pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki serta dikuasai oleh seorang mahasiswa keperawatan. pemberian feedback yang konstruktif pada metode simulasi perlu dilakukan kepada mahasiswa  agar termotivasi dalam memperbaiki diri serta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan  pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam metode simulasi dengan di berikan feedback yang konstruktif. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test with the control group . Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 77 dengan 40 mahasiswa kelompok intervensi dan 37 kelompok kontrol  dengan teknik random sampling. Responden diberikan intervensi berupa  feedback yang konstruktif. Hasil penelitian dengan menggunakan   idependen sampel t-test. terlihat  adanya pengaruh yang signifikan pada pemberian feedback yang konstruktif  mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi dengan hasil yang didapatkan p-value <0,05. Diharapkan pemberian feedback terus dilakukan dalam meningkatkan motivasi mahasiswa.

Author Biographies

sugiarto sugiarto, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Mahasiswa Magister Keperawatan

sri sundari, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dosen Magister Keperawatan

lisa musharyanti, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dosen Magister Keperawatan

References

Akhu-Zaheya, L. M., Gharaibeh, M. K., & Alostaz, Z. M. (2013). Effectiveness of simulation on knowledge acquisition, knowledge retention, and self-efficacy of nursing students in Jordan. Clinical Simulation in Nursing, 9(9), e335–e342. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2012.05.001

AIPNI,(2010). Kurikulum Kurikulum Berbasis Kompetensi Asosiasi Perawat Nasional Indonesia, Jakarta.

Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi, 1–30.

Aqib, Z & Murtadlo A.(2016). Kumpulan Metode pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Satu Nusa. Jakarta

Budiman, D. (2015). Perbandingan Pengaruh Pemberian Umpan Balik Positif (Positive Feedback) Dan Umpan Balik Netral (Neutral Feedback) Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Pembentukan Konsep Diri Yang Positif Siswa SD, 1, 56–64

de Ruijter, P. A., Biersteker, H. A., Biert, J., van Goor, H., & Tan, E. C. (2014). Retention of first aid and basic life support skills in undergraduate medical students. Medical Education Online, 19(1). https://doi.org/10.3402/meo.v19.24841

Elviera. (2017). analisis perbedaan sebelum dan sesudah pelatihan modul 2000 karyawan pt . fastfood indonesia tbk ., 1–8.

Gruber, J., Stumpf, D., Zapletal, B., Neuhold, S., & Fischer, H. (2012). Real-time feedback systems in CPR. Trends in Anaesthesia and Critical Care, 2(6), 287–294.

Hadjam Rocdman (2013). Efektivitas pelayanan prima di rumah sakit, (2), 105–115.

Hardisman.,2014. Gawat Darurat Medis Praktis. Yogyakarta. Gosyen Publishing

Handoko, T.(2014). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia, Edisi 2, Yogyakarta. BPFF

Hartiti, T. (2017). Peningkatan Softskill Mahasiswa Perawat Melalui Kepemimpinan , 394–399.

Li, Q., Zhou, R. hua, Liu, J., Lin, J., Ma, E. L., Liang, P., … Xiao, H. (2013). Pre-training evaluation and feedback improved skills retention of basic life support in medical students. Resuscitation, 84(9), 1724–1278. https://doi.org/10.1016/j.resuscitation.2013.04.017

Lisiwanti, R., & Saputra, O. (2015). Refleksi dari Pembelajaran Laboratorium Keterampilan Klinik A Reflection of Learning Skills Clinical Laboratory, 64–70.

Maslahah (2017) . Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat dari Perspektif Gender, 1(2), 101–118.

Noviani, W. (2016). Persepsi Mahasiswa Profesi Ners Tentang Kode Etik Keperawatan Indonesia di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 1(1), 30–39.

Mustofa, K,. (2013). Fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang 2013

Oermann, M.H (2011). BLS Voice Assisted Manikin for Teaching Nursing Student: Results of a Preliminary Study. Nurs Education Perspect:31:303-308

Rahmi, 2013 Pembelajaran Kooperatif Dengan Pemberian Constructive Feedback Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Siswa SMA Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. (2013), 1102568.

Rong-hua Zhou, Qi Li, Jin liu,. 2013. Pre-Training Evaluation and Feedback Improved Skills Retention of Basic Life Support in Medical Student. Sichuan 610041

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sri,dewi (2008 ). Model pembelajaran soft skills terintegrasi soft-skills integrated learning model for vocational high school students of home economics education, 53–62.

Sutton, R. M., Niles, D., Meaney, P. A., Aplenc, R., French, B., Abella, B. S., … Nadkarni, V. (2011). Low-Dose, High-Frequency CPR Training Improves Skill Retention of In-Hospital Pediatric Providers. Pediatrics, 128(1), e145–e151. https://doi.org/10.1542/peds.2010-2015

Sumantri, M,. (2016)Anak, P. (n.d.). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, 1–52.

Soeratno, (2014). Implementasi Multi Source Feedback Untuk Mengevaluasi Professional Behaviour Mahasiswa Di Keperawatan Komunitas Fatikhu Yatuni Asmara, 9(2).

PPNI,. 2012. Hasil Rakernas Persatuan Perawat Nasional Indonesia ke II, Banten. Jawa barat

Zakaria Imam. 2014. Pengaruh faktor-faktor pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan di kantor cv. Barata Surabaya

Zulva, R. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Kooperatif, 5(April), 61–69. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.106

Downloads

Published

2019-05-22

Issue

Section

Articles

SHARE THIS