Title:


Perancangan Kafe Terapung di Desa Lendang Are


Author:


Mail Erdinsyah Mahendra(1*)
Mail Riri Chairiyah(2)

(1) Program Studi Arsitektur, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas ‘Aisyiyah Yohyakarta, Indonesia
(2) Program Studi Arsitektur, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas ‘Aisyiyah Yohyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31101/jas.v2i1.1872| Abstract views : 82 | PDF views : 36

Abstract


Bangunan terapung menjadi hobi yang cukup banyak diminati untuk mampu mengeksplor lebih jauh potensi tapak yang berupa perairan, terutama sebagai destinasi wisata. Bendungan Lendang Are memiliki cukup banyak potensi untuk menjadi destinasi wisata air dan mampu menunjang perekonomian warga di sekitarnya. Salah satu fasilitas yang harus ada pada sebuah destinasi wisata air adalah rumah makan, restoran, warung, kafe atau sejenisnya yang melayani kebutuhan konsumsi pengunjung. Dalam prosesnya, perancangan dan eksplorasi desain, terdapat beberapa tahapan seperti perumusan gagasan, pengumpulan informasi, analisis dan sintesis, perancangan, dan evaluasi yang menghasilkan sebuah hasil rancangan berupa kafe terapung. Perancangan kafe terapung harus memperhatikan kelestarian lingkungan dengan menghindari reklamasi, maka kehidupan satwa air di bendungan dan sekitarnya tidak terganggu. Bentuk dan ruang pada bangunan didesain dengan mempertimbangkan keseimbangan beban terhadap plat atau struktur apung. Struktur apung harus memenuhi standar untuk menahan beban bangunan dan penggunanya. Sistem tambat digunakan untuk menjaga posisi bangunan dan menyesuaikan bangunan dengan ketinggian air yang suatu waktu dapat berubah.


Full Text:

PDF

References


Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. 2016.

Kusasi, Rahayu. 2010. Globucksisasi Meracik Globalisasi melalui Secangkir Kopi. Depok : Kepik Ungu.

Muchsin, 2014. Penginapan Terapung Waduk Batujai Sebagai Fasilitas Penunjang Kegiatan Wisata Di Pulau Lombok. Jurnal Mahasiswa Arsitektur Universitas Brawijaya, (online) Vol. 2, No. 2, (http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/view/46) diakses 16 Januari 2021.

Peraturan Pemerintah No.37 Tahun 2010 tentang Bendungan.




DOI: https://doi.org/10.31101/jas.v2i1.1872

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 36 times

Cited By



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta Kampus Terpadu: Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292 Telepon: (0274) 4469199 Fax.: (0274) 4469204