HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN MOTIVASI UNTUK STUDI LANJUT S2 KEBIDANAN

Iga Trisnawati, Ym. V. Mudayen, Dheska Arthyka Paliviana

Abstract


Abstract: This research aims to ascertain the relation between perception and motivation for master of midwifery program study towards students of semester VIII, study program of D-IV Midwife Educator Universitas Respati Yogyakarta Year 2015. This research is a descriptive analytic research applying crossectional approach. The technique of collecting sampling applied was proportional random sampling with a total of 125 students. The data were analyzed using Kendall’s Tau test. The result showed 94 respondents (75.2%) had positive perception and 83 respondents (66.4%) had average motivation. It was obtained that zcount was bigger than ztable (7.96>1.960) and the significance was 0.000 smaller than 0.05 (p<0.05) with a strong relation (=0.478).

 

Keywords: Perception, Motivation, and Master of Midwifery Program Study

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dengan motivasi untuk studi lanjut S2 Kebidanan pada mahasiswa semester VIII program studi D-IV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta tahun 2015. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan crossectional. Teknik pengambilan sampling yaitu proportional random sampling sebanyak 125 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji Kendall Tau. Hasil penelitian ini menunjukan 94 responden (75,2%) memiliki persepsi cukup positif dan 83 responden (66,4%) memiliki motivasi sedang. Diperoleh zhitung lebih besar dari  ztabel  (7,96 > 1,960) dan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p-value < 0,05) dengan keeratan hubungan yang kuat (=0,478).

 

Kata kunci: Persepsi, Motivasi dan Studi Lanjut S2 Kebidanan


Full Text:

PDF

References


Badan PPSDM Kesehatan. 2013. Standar Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi Tenaga Kesehatan. Jakarta, (http://www.pdpersi.co.id/pusdiknakes/data/standar/dosen_dikti.pdf), diakses 3 Desember 2014.

Evi, S.S. 2011. Buku Ajar Konsep Kebidanan. Yogyakarta. Nuha Medika.

DIKTI. 2012. Sistem Pendidikan Kebidanan Di Indonesia. Jakarta, (http://hpeq.dikti.go.id/v2/images/Produk/DRAF-NASKAHAKADEMIKPENDIDIKAN-KEBIDANAN.pdf), diakses 18 November 2014.

Nursalam & Efendi F. 2008. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Putri, R.A. 2010. Studi Fenomologis Persepsi Mahasiswa D IV Bidan Pendidik Ngudi Waluyo Tentang S2 Kebidanan Tahun 2010. Skripsi. Semarang: STIKES Ngudi Waluyo.

BAAK. 2015. Profil Universitas Respati Yogyakarta. Yogyakarta.

Wafak, M.A. 2009. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Mahasiswa Semester Akhir Untuk Melanjutkan Program Ners Di Universitas Muhammadiyah Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.31101/jhes.262

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of Health Studies



Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta
Kampus Terpadu: Jl. Ring Road Barat 63 Mlangi Nogotirto Gamping Sleman 55292 Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon: (0274) 4469199
Fax.: (0274) 4469204
Email: jhes@unisayogya.ac.id

Statistik: View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.