Title:


Penerapan Green Architecture Pada Tiny House Di Kota Padat Penduduk: Studi Kasus Di Kota Surabaya


Author:


Mail Retna Jingga Khairunnisa(1*)
Mail Iwan Darmawan(2)

(1) Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31101/jas.v1i1.1268| Abstract views : 1149 | PDF views : 284

Abstract


Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan perekonomian. Padatnya rumah-rumah di daerah Surabaya menjadikan kota ini identik dengan masalah kemacetan, suhu yang panas, banjir, sampah hasil dari pembuangan penduduk dan juga masalah kesehatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui konsep yang dapat diterapkan dalam perancangan tiny house yang nyaman dan layak huni di lingkungan yang tingkat kepadatan bangunannya cukup tinggi serta mengetahui sistem pendekatan Green Architecture yang dapat dilakukan untuk menyikapi permasalahan sampah yang ada di Kecamatan Simokerto Kota Surabaya ini. Tak bisa dipungkiri bahwa di daerah perkotaan seperti Surabaya sudah sangat sulit untuk mencari rumah dengan lingkungan yang nyaman dan sesuai dengan standar kelayakan. Tiny house sekarang menjadi tren konsep rumah yang sedang banyak diminati oleh masyarakat terutama di negara-negara besar. Rumah mungil seperti ini semakin efektif di zaman sekarang. Green architecture merupakan salah satu aliran arsitektur yang berfokus pada arsitektur yang ramah lingkungan. Dengan arsitektur ramah lingkungan ini diharapkan dapat meminimalisir pengaruh buruk lingkungan yang ada di Kota Surabaya ini. Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, Recycle) adalah salah satu cara pengolahan sampah yang efektif sampai saat ini. Mengolah pupuk kompos dapat mengurangi sampah yang menumpuk terutama sampah organik.

 


Full Text:

PDF

References


Arsitur.com, 2017. Pengertian Green Architecture & Prinsip – prinsipnya. Artikel Ilmu Arsitektur. (online), September 2017, (https://www.arsitur.com/2017/09/pengertian-green-architecture-prinsip.html).

Garis Cipta Karsa. Tiny House (Rumah Mungil). Artikel Ilmu Arsitektur. (online), (https://garisciptakarsa.com/tiny-house-rumah-mungil/)

Dekoruma.com. Tiny House Movement. Artikel Dekor Rumah. (online), (https://www.dekoruma.com/artikel/81599/tiny-house-movement).

Bule Lengkab. Sistem Pengelolaan Sampah 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Artikel Pengelolaan Sampah. (online), (https://www.bulelengkab.go.id/detail/artikel/3r-reuse-reduce-recycle-sampah).

co. Cara Membuat Pupuk Kompos. Artikel Pembuatan Pupuk Kompos. (online), (https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membuat-pupuk-kompos/)

Kompasiana. Masalah Kesehatan Lingkungan Hidup Masyarakat Surabaya. Artikel Tentang Kesehatan. (online), (https://www.kompasiana.com/robertari78/5d36d6100d8230773a6a5ae2/masalah-kesehatan-lingkungan-hidup-masyarakat-surabaya)

Times Indonesia. Daftar Persoalan Lingkungan Hidup Di Surabaya. Artikel Lingkungan Hidup. (online), (https://www.timesindonesia.co.id/read/news/114353/ini-daftar-persoalan-lingkungan-hidup-di-surabaya)

Hartanti Prisca. Kompasiana. Kurangnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Samapah. Artikel Lingkungan Hidup. (online), (https://www.kompasiana.com/priscahartanti/56cda5bfe122bd48136855c3/kurangnya-kesadaran-masyarakat-terhadap-sampah)




DOI: https://doi.org/10.31101/jas.v1i1.1268

Article Metrics

Abstract view : 1149 times
PDF - 284 times

Cited By



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta Kampus Terpadu: Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292 Hp. 082326796566