ANALISIS HUBUNGAN POLA RUANG HUNIAN APARTEMEN GREEN PRAMUKA DI JAKARTA DENGAN POLA PERILAKU MAHASISWA

Authors

  • Mohamad Baskoro Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Ibnu Fachry Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rustama Fasda Bimatukmaru Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ari Widyati Purwantiasning Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jas.v3i1.2367
Abstract views 244 times

Abstract

Apartemen adalah sebuah kamar atau beberapa kamar yang diresmikan atau ditetapkan sebagai tempat tinggal, terdapat di suatu bangunan yang biasanya memiliki kamar atau ruangan lain dan semacamnya. penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi dan menganalisis perilaku hubungan pola ruang hunian dengan pola mahasiswa di Jakarta. Pola dari mahasiswa yang mempengaruhi pola ruang hunian tidak hanya memberikan dampak terhadap perilaku maupun bentuk ruang, tetapi melihat bagaimana perilaku mahasiswa arsitektur pada pola ruang maupun arsitektur membentuk perilaku mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah memahami teori yang berkaitan dengan hubungan pola ruang vertikal terhadap pola perilaku mahasiswa, memahami karakteristik hubungan pola ruang dengan perilaku mahasiswa, memahami faktor lingkungan bagi perilaku dari mahasiswa. Metode penelitian yang diambil terhadap pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diteliti dan diperoleh merupakan data fisik dan non fisik yang didapat dari wawancara, pengamatan, dan pola perilaku mahasiswa di ruang hunian apartemen Jakarta. Pendekatan yang akan digunakan yaitu pendekatan Human Behavior terhadap mahasiswa pada hunian apartemen. Dari analisis pola perilaku yang dilakukan, kegiatan mahasiswa cukup padat sehingga menyebabkan penggunaan furnitur sesuai dengan kebutuhan dan memiliki sifat ergonomi. Penggunaan furnitur yang berlebihan dapat mempersempit sirkulasi gerak dari pola perilaku mahasiswa. Jenis kegiatan yang banyak dilakukan dan dihabiskan di atas tempat tidur. Kata Kunci: Arsitektur perilaku, Hunian vertikal, Pola ruang, Mahasiswa;

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy : The Exercise Of Control. New York: Freeman adn Company.

Barker, R. G. (1968). Wanted: an eco-behavioral science (E. P. Willems & H. L. Raush ed., Vol. Naturalistic Viewpoints in Psychological Research). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Chiara, J. D. (2001). Time-saver standards for building types. McGraw-Hill Professional Publishing.

Fischer, F. M., Nagai, R., & Teixeira, L. R. (2008). Explaining sleep duration in adolescents: the impact of socioâ€demographic and lifestyle factors and working status. Chronobiology international, 25(2-3), 359-372.

Fitria, T. (2018). Pengaruh Seting Ruang Terhadap Perilaku Pengguna Dengan Pendekatan Behavioral Mapping. Jurnal Arsitektur dan Perencanaan, 1(2), 183-206.

Haryadi, & Setiawan, B. (1995). Arsitektur Lingkungan dan Perilaku (Vol. Proyek Pengembangan Pusat Studi Lingkungan). Republik Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Lynch, K. (1984). The Image of the City. MIT Press.

Monk, C., McClure, E. B., Nelson, E. E., Zarahn, E., Bilder, R. M., Leibenluft, E., . . . Pine, D. S. (2003). Adolescent immaturity in attention-related brain engagement to emotional facial. Neuroimage, 20:420–428.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Poerwadarminta, W. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prabowo, H. (1998). Arsitektur, Psikologi dan Masyarakat. Jakarta: Gunadarma.

Priayudana, M. (2014, Januari 22). Peran Orang Tua Asuh dalam Mendukung Perkembangan Kemandirian Remaja Putus Sekolah di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Bambu Apus Jakarta Timur. Retrieved from peran orang tua asuh dalam mendukung perkembangan: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/26200/1/MAYGIE%20PRIAYUDANA-FDK.pdf

Rapoport, A. (1977). Human Aspects of Urban Form: Towards a Man-Environment Approach to Urban Form and Design (15 ed., Vol. Urban and Regional Planning Series). Elsevier: Oxford: Pergamon Publishing.

Reza, I. F. (2013). Hubungan antara religiusitas dengan moralitas pada remaja di Madrasah Aliyah (MA). Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 10 (2), 45-58.

Samuel, P. (1967). Apartment : Their Design and Development. Reinhold.

Settineri, S., Rizzo, A., Ottanà , A., Liotta, M., & Mento, C. (2015). Dental aesthetics perception and eating behavior in adolescence. International journal of adolescent medicine and health, 27(3), 311-317.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Penerbit Pustaka.

Syah. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial (suatu pengantar). UNSIMAR. Retrieved from https://repository.unsimar.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2131&keywords=

Widyatun, T. (1999). Ilmu Perilaku MA 104: Buku Pegangan Mahasiswa Akper. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Baskoro, M., Fachry, M. I., Bimatukmaru, R. F., & Purwantiasning, A. W. (2022). ANALISIS HUBUNGAN POLA RUANG HUNIAN APARTEMEN GREEN PRAMUKA DI JAKARTA DENGAN POLA PERILAKU MAHASISWA. JAS: Journal of Architecture Students, 3(1), 52–74. https://doi.org/10.31101/jas.v3i1.2367

Issue

Section

Articles

SHARE THIS