METODE FUTURE PACING HYPNOTHERAPY UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA BARU

Authors

  • Zahro Varisna Rohmadani Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.249
Abstract views 1882 times

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode future pacing hypnotherapy dalam menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa baru. Subjek penelitian adalah 20 mahasiswa/i baru, 10 mahasiswa di kelompok eksperimen dan 10 mahasiswa di kelompok kontrol. Peserta mendapatkan penanganan untuk penurunan kecemasan dengan metode berupa future pacing hypnotherapy. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik teknik Wilcoxon Signed Rank Test untuk menguji perbedaan skor cemas kelompok subjek saat pretest dan posttest serta Mann Whitney U untuk melihat perbedaan penurunan kecemasan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa future pacing hypnotherapy efektif dalam menurunkan kecemasan dengan p=0,012. Sedangkan hasil Mann Whitney U menunjukkan bahwa future pacing hypnotherapy efektif dalam menurunkan kecemasan dengan p=0,003 dan kelompok eksperimen mengalami penurunan kecemasan yang lebih besar dengan mean rank = 14,25.Kata kunci : future pacing hypnotherapy, kecemasan, mahasiswa baru

References

Clinical Hypnotherapy. (2010). The Fast Track to Your Success Dynamic Training. Jakarta : IACH.

Hendriyanto, B; Sriati, A; & Fitria, N. (2013). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran Angkatan 2011. Artikel Penelitian Online.

Ifdil; Fitria, L; Nafsih, G; & Ardi, Z. (2015). Aplikasi Hipnosis dalam Konseling. Paper International Seminar and Workshop on Guidance and Counseling.

Irfan, F. (2010). Hypnotherapy for Healthy and Happiness Life Menghipnotis Diri untuk Meraih Kehidupan yang Sehat, Bahagia dan Kesuksesan. Yogyakarta: Pustaka Larasati.

Lallo, D.A., Kandou, L.F.J., & Munayang, H. (2013). Hubungan Kecemasan dan Hasil UAS-1 Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Penelitian Online, diakses pada : ejournal.unsrat.ac.id.

Santoso, W.W. & Dewi, D.K. (2014). Efektivitas Hypnotherapy Teknik Direct Suggestion untuk Menurunkan Kecemasan Mahasiswa Terhadap Skripsi. Jurnal Character, vol.3, no.2, tahun 2014.

Santrock, J.W. (2011). Psikologi Perkembangan Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Semiun, Y. (2010). Kesehatan Mental. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2017-09-15

Issue

Section

Articles

SHARE THIS