PERAN MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP KEPESERTAAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL PADA MASYARAKAT INFORMAL DI DIY

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.252
Abstract views 1504 times

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor kendala atau hambatan masyarakat Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) untuk menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan menganalisis peran media yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran kepesertaan masyarakat PBPU DIY menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan sampel masyarakat peserta dan bukan peserta Jaminan Kesehatan Nasional di pemda DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kendala atau hambatan masyarakat menjadi peserta JKN adalah keterbatasan informasi, harus membayar premi bulanan, pendapatan rendah, tidak terdata di ketua RT/Kepala Dusun dan merasa tidak penting. Media yang digunakan dalam sosialisasi program JKN yaitu media cetak, media elektronik, hybrid media dan media interpersonal. Media cetak, media elekronik dan hybrid media berperan untuk menginformasikan (to inform) dan mendidik (to educate) sedangkan media interpersonal berperan untuk menginformasikan (to inform), mendidik (to educate) dan mengajak atau membujuk (to persuade).Kata kunci : Peran, media, Kepesertaan, Jaminan Kesehatan Nasional

References

Leuwis, C. 2004. Communication for rural Innovation : Rethinking Agricultural Extension Third Edition, Blackwell Science. London.

Poppy, Ruliana. 2014. Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus. PT Radja Grafindo Persada. Jakarta.

Putri, Puri. 2012. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap dan Terpaan Iklan Layanan Masyarakat KB Versi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu di TV terhadap Perilaku KB pada Wanita atau Pria dalam Usia Subur. Jurnal interaksi. Volume1 Nomor 1 hal 46-56.

Rahmawati, Wuri. 2014. Peran Media Komunikasi dalam Tanggap Bencana Banjir Lahar Dingin di Sungai Code Kota Yogyakarta. Jurnal penanggulangan Bencana. Vol 5, Nomor 1, Tahun 2014.

Rogers, E.M. 1995. Diffusion of Innovation. Fourth Edition, The Free Press, New York.

Thyer.A.Bruce (Editor). 2001. The Handbook of Sosial Work Research Methode. Sage Pulication.Inc. United States of America : Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Downloads

Published

2017-09-15

Issue

Section

Articles

SHARE THIS