Hubungan antara ibu bekerja dan pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif

Authors

  • Jenti Nur Faizah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Enny Fitriahadi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.560
Abstract views 1467 times

Keywords:

ASI eksklusif, cakupan, ibu bekerja

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan ibu bekerja dengan pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif di Puskesmas X. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode Studi Korelasi (Correlation Study) dengan pendekatan analitik cross sectional. Teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel 74 sampel dengan derajat kesalahan 10%. Instrumen dalam penelitian menggunakan checklist. Hasil uji Statistik Chi Square dengan sig –(2tailed) 0,564. Berdasarkan nilai olah data penelitian didapat sig.(2-tailed) > 0,05 yang berarti tidak ada hubungan antara ibu bekerja dengan pemberian ASI Eksklusif. Untuk Ibu bekerja yang memiliki bayi diharapkan semangat dan berkomitmen untuk memberikan ASI secara Eksklusif.

References

Anik. (2012). Majemen Laktasi. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. (2016). Profil Kesehatan Kabupaten Sleman Tahun 2016. Yogyakarta.

Kemenkes RI. (2015). Peningkatan Pemberian Air Susu Selama Waktu Kerja di Tempat Kerja. Jakarta: Direktorat Bina Kesehatan Kerja.

Kolondam, A. J., M.I. Punuh and N.Mayulu. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Ibu Menyusui Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Puskesmas Kota Manado. Kesmas 6.4.

Notoatmojo. (2012). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Edisi ke dua. Jakarta: Salemba Medika.

Novayelinda, R., Moneca D, Oktia WKH, and Bambang BR. (2012). Komitmen Pekerja Buruh Pabrik Dalam Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Pringapus. Seminar Nasional Kebidanan. Vol. 1. No. 1.

Saraung., M. Widiastuti., S. Rompas and Y.B. Bataha. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Produksi Asi Pada Ibu Postpartum Di Puskesmas Ranotana Weru. Jurnal Keperawatan Vol. 5. No 2.

Timporok, A. G., Wowor, P. M., & Rompas, S. (2018). Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Kawangkoan. Jurnal Keperawatan, 6(1).

Warsini. (2015). Hubungan antara Jenis Persalinan, Tingkat Pendidikan, Tingkat Pendapatan dan Status bekerja Ibu dengan Keberhasilan ASI Eksklusif 6 (Enam) Bulan di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Tesis diterbitkan. Surakarta : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

WHO. (2013) Early childhood development begins with a mother’s breast dalam http://www.who.int/mediacentre/commentaries/2016/childhood-development-breastfeeding/en/ diakses tanggal 5 November 2017.

WHO and UNICEF. (2016). Global Breastfeeding Investment Case dalam http://www.who.int/nutrition/publications/infantfeeding/global-bf-collective-investmentcase.pdf?ua=1 diakses tanggal 31 Januari 2018

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles

SHARE THIS