Gambaran tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III mengenai persalinan

Authors

  • Farida Kartini Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jalan Siliwangi No.63, Gamping, Sleman, Yogyakarta
  • Ova Emilia FKKMK Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Djaswadi Dasuki FKKMK Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Yayi Suryo Prabandari FKKMK Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Sri Handayani Stikes Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jkk.1164
Abstract views 2197 times

Keywords:

persalinan, pengetahuan, hamil

Abstract

Pengetahuan tentang proses persalinan sangat penting diketahui ibu hamil trimester III, agar ibu dapat memberdayakan dirinya dalam menjalani proses persalinan. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III mengenai persalinan. Desain penelitian deskripsi kuantitatif, jumlah responden 98 ibu hamil trimester III yang diambil menggunakan teknik consecutive sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III dengan proses persalinan dalam kategori baik sebanyak 94,9%. Tidak ada ibu hamil yang memiliki tingkat pengetahuan buruk. Disimpulkan ibu hamil trimester III memiliki pengetahuan yang baik mengenai persalinan.

References

Adintyo Rahman, M. N., Prawitasari, S., & Pradjatmo, H. (2016). Rasio Estriol/ Estradiol Tinggi Sebagai Prediktor Keberhasilan Induksi Persalinan Pada Kehamilan Lewat Waktu. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 2(2). https://doi.org/10.22146/jkr.12642

Andayasari, L., Muljati, S., Sihombing, M., Arlinda, D., Opitasari, C., Fajar, D., & Widianto, M. (2015). Proporsi Seksio Sesarea dan Faktor yang Berhubungan dengan Seksio Sesarea di Jakarta The Proportion of Caesarean Section and Associated Factors in Hospital of Jakarta. Buletin Penelitian Kesehatan, 43(2), 105–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22435/bpk.v43i2.4144.105-116

Bandura, A. (2016). Overview of Social Cognitive and Self Efficacy Theories. Retrieved fromhttps://wikispaces.psu.edu/display/PSYCH484/7.+SelfEfficacy+and+Social+Cognitive+Theories

Cunningham, F. G., Gant, N. F., Leveno, K. J., Gilstrap III, L. C., Hauth, J. C., & Wenstrom, K. D. (2006). Obstetri Williams Vol. 1 (21st ed.). Jakarta: EGC.

Frazer, D. M., & Cooper, M. A. (Eds.). (2009). Myles Buku Ajar Bidan (14th ed.). Jakarta: EGC.

Hayden, J. (2014). Introduction to Health Behavior Theory. Amerika: William Paterson University by Jones.

Irianti, B., Halida, E.M., Duhita, F., Prabandari, F., Yulita, N., Yulianti, N., Hartiningtiyaswati, S., Anggraini, Y. (2014). Asuhan Kehamilan Berbasis Bukti. (F. Husin, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Sagung Seto.

JNPK-KR. (2008). Asuhan Persalinan Normal. Jakarta: JNPK-KR, Depkes R. I.

Kemenkes, R. I. (2011). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kementrian Kesehatan R. I.

Kemenkes, R. I. (2015). Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kemenkes R.I.

Kennedy, B. B., Ruth, D. J., & Martin, E. J. (2014). Modul Manajemen Intrapartum. Jakarta: EGC.

Kesehatan, K. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2016. Jakarta: Kemenkes R.I.

Lowdermilk, D. L., Perry, S. E., & Cashion, K. (2013). Asuhan Maternitas Buku 1 (8th ed.). Jakarta: Elsevier.

Mubarak, & iqbal, W. (2007). Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pajares, F. (1986). Overview of Social Cognitive Theory and of Self ­ Efficacy.

POGI, JNPK-KR, & AUPKOP. (2017). Asuhan Persalinan Normal Asuhan Esensial Bagi Ibu Bersalin Dan Bayi Baru Lahir Serta Penatalaksanaan Komplikasi Segera Pascapersalinan Dan Nifas. (G. Adriaansz, Ed.) (5th ed.). Jakarta: JNPK-KR.

Rahayuningsih, F. B., Hakimi, M., Haryanti, F., & Anganthi, N. R. N. (2015). Pengaruh Pelatihan Persiapan Masa Nifas, Pengetahuan, Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Ibu Nifas Terhadap Kualitas Hidup Ibu Nifas. Disertasi UGM.

Sihombing, N., Saptarini, I., & Putri, D. S. K. (2017). Determinan Persalinan Sectio Caesarea di Indonesia (Analisis Lanjut Data Riskesdas 2013). Jurnal Kesehatan Reproduksi, 8(1), 63–75.

Walangadi, N. N. (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida Trimester III Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Persalinan Di POLI KIA, 1–8.

Wardhani, R. A. S. K. (2013). Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/1941/1/2273-5116-1-SM.pdf

Widiyanto, S., Aviyanti, D., & Tyas, M. (2012). Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu tentang ASI Eksklusif dengan Sikap terhadap Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 1(1). https://doi.org/10.4039/Ent111111-1

Yuli K., Ariawan S., H. S. (2006). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Persalinan Dengan Tindakan (Studi Kasus Di RS dr. Moewardi Surakarta). Diponogoro Semarang.

Yusdiana, D. (2011). Perbedaan Kejadian Stres Pascatrauma pada Ibu Postpartum dengan Seksio Sesaria Emergency, Partu Pervaginam, dengan Vakum dan Partus Spontan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 14(3), 207212.

Downloads

Published

2020-01-17

How to Cite

Kartini, F., Emilia, O., Dasuki, D., Prabandari, Y. S., & Handayani, S. (2020). Gambaran tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III mengenai persalinan. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 15(2), 202–211. https://doi.org/10.31101/jkk.1164

Issue

Section

Articles

SHARE THIS