Pengaruh Peran Petugas Kesehatan dan Bapak Peduli Asi Eksklusif (Baper Asiek) Terhadap Perilaku Ibu dalam Pemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga

Authors

  • Anar Cahyono Universitas Harapan Bangsa Purwokerto, Jalan Raden Patah No.100, Kedunglongsir, Ledug, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182
  • Mariah Ulfah Universitas Harapan Bangsa Purwokerto, Jalan Raden Patah No.100, Kedunglongsir, Ledug, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182
  • Rahmaya Nova Handayani Universitas Harapan Bangsa Purwokerto, Jalan Raden Patah No.100, Kedunglongsir, Ledug, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182

DOI:

https://doi.org/10.31101/jkk.1487
Abstract views 1774 times

Keywords:

Petugas Kesehatan, Baper Asiek, ASI eksklusif

Abstract

ASI eksklusif sangat berperan dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian anak karena ASI merupakan makanan terbaik yang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi pada usia 0-6 bulan. United Nations Children’s Fund (UNICEF) menyatakan 10 juta kematian anak balita di dunia dan 30 ribu kematian bayi di Indonesia tiap tahun dapat dicegah melalui pemberian ASI secara eksklusif. Baper Asiek merupakan program inovasi yang dicanangkan oleh UPTD Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga dalam rangka meningkatkan capaian kinerja ASI Eksklusif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran petugas kesehatan dan Baper Asiek terhadap perilaku ibu dalam pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga. Metoda penelitian ini secara deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling dengan purposive sampling sebanyak 118 peserta Baper Asiek. Analisa data menggunakan univariat dan bivariat. Analisa univariat untuk mendeskripsikan setiap variabel yang diisi sedangkan analisa bivariat untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dan terikat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh peran petugas kesehatan dan Baper Asiek terhadap perilaku ibu dalam pemberian ASI eksklusif dengan p value peran petugas kesehatan = 0,022 dan p value Baper Asiek = 0,000. Oleh sebab itu, peran petugas kesehatan dan Baper Asiek sangat diperlukan untuk meningkatkan capaian kinerja ASI eksklusif.

References

Anjarsari, L. 2017. Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap ASI Eksklusif Dengan Pemberian MP-ASI Pada Ibu Bekerja di Desa Rembes Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Astutik, R.Y. 2014. Payudara dan Laktasi. Salemba Medika. Jakarta.

Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Budianto, F.H. dan Handayani, 2017. Aplikasi Android Ayah ASI Terhadap Peran Suami Dalam Pemberian ASI Eksklusif. Journal of Health Education. Vol. 2 Nomor 1.

Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga. 2018. Profil Kesehatan Kabupaten Purbalingga Tahun 2018. Purbalingga.

Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori dan Praktek. Edisi Ke-5. EGC. Jakarta.

Hamzah, D.F. 2018. Pengaruh Pemberian ASI Eksklusif Terhadap Berat Badan Bayi Usia 4-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Langsa Kota. Jurnal Jumantik. Vol. 3 Nomor 2.

Iswari, I. 2017. Gambaran Pengetahuan Suami Dari Ibu Menyusui (0-6 Bulan) Tentang ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Dermayu Kabupaten Seluma Tahun 2017. Journal of Midwifery. Vol. 6. Nomor 1.

Juliani, S. dan Arma, N. 2018. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Dukungan Tenaga Kesehatan Dengan Keberhasilan ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Darussalam Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Bidan Komunitas. Vol. 1 Nomor 3.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Panduan Penyelenggaraan Pelatihan Konseling Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA). Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA. Jakarta.

Khasanah, N. dan Sukmawati, 2019. Peran Suami dan Petugas Kesehatan Dalam Meningkatkan Produksi ASI Pada Ibu Menyusui di Kota Madya Yogyakarta. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ). Vol. 2. Nomor 1.

Maryam. 2012. Peran Bidan Yang Kompeten Terhadap Suksesnya MDG’s. Salemba Medika. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2013. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Paramita, I. 2016. Hubungan Antara Jenis Pekerjaan Ibu Dengan Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif 6 Bulan Pertama di Puskesmas Rangkah Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya.

Potter, P.A. dan Perry, A.G. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Edisi Ke-7. EGC. Jakarta.

Prasetyono, D.S. 2009. Buku Pintar ASI Eksklusif : Pengenalan, Praktik, dan Kemanfaatan-kemanfaatannya. Diva Press. Yogyakarta.

Proverawati, A. dan Rahmawati, E. 2010. Kapita Selekta ASI dan Menyusui. Nuha Medika. Yogyakarta.

Puskesmas Rembang. 2019. Profil Kesehatan Puskesmas Rembang Tahun 2018. Purbalingga.

Putri, A.M. 2018. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Suami Terhadap Perilaku Ibu Dalam Pemberian ASI Eksklusif di Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Roesli, U. 2009. Mengenal ASI Eksklusif. Trubus Agriwidy. Jakarta.

Rosinta, N.A. 2018. Hubungan Dukungan Sosial Suami Dengan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta Tahun 2017. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta.

Sarwono. 2012. Ilmu Kebidanan. Yayasan Bina Pustaka. Jakarta.

Simbolon, P. 2017. Dukungan Keluarga dalam Pemberian ASI Eksklusif. Deepublish. Yogyakarta.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press. Jakarta.

Utami, U.P. 2018. Hubungan Dukungan Bidan dan Dukungan Keluarga Terhadap Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Walyani, E.S. 2015. Perawatan Kehamilan dan Menyusui Anak Pertama Agar Bayi Lahir dan Tumbuh Sehat. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Wiji, R.N. 2013. ASI dan Panduan Ibu Menyusui. Nuha Medika. Yogyakarta.

Yuliawati, R., Kurniasari, L. dan Maryam, S. 2018. Hubungan Antara Pendidikan dan Dukungan Keluarga Dengan Kegagalan ASI Eksklusif. Jurnal Health of Studies. Vol. 3. Nomor 2.

Downloads

Published

2020-08-14

How to Cite

Cahyono, A., Ulfah, M., & Handayani, R. N. (2020). Pengaruh Peran Petugas Kesehatan dan Bapak Peduli Asi Eksklusif (Baper Asiek) Terhadap Perilaku Ibu dalam Pemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(1), 67–86. https://doi.org/10.31101/jkk.1487

Issue

Section

Articles

SHARE THIS

Most read articles by the same author(s)