Pendidikan Seksual Mempengaruhi Pengetahuan dan Sikap Seksualitas Remaja Tunagrahita

Authors

  • Sarwinanti Sarwinanti Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Raissa Nadia Frintika Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jkk.2059
Abstract views 1362 times

Keywords:

pendidikan seks, tunagrahita, pengetahuan, sikap, seksualitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan seks terhadap pengetahuan dan sikap tentang seksualitas pada remaja tunagrahita. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik sampling menggunakan total sampling dengan sampel 35 siswa tunagrahita. Instrumen  menggunakan kuesioner,  Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pendidikan seks terhadap pengetahuan dan sikap tentang seksualitas pada remaja tunagrahita. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, diperoleh nilai p-value=0,000 dengan taraf signifikansi 5% p-value (0,000<0,05). Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh pendidikan seks terhadap pengetahuan dan sikap tentang seksualitas pada remaja tunagrahita.

Author Biography

Sarwinanti Sarwinanti, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Sinta ID: 6019877

References

Adnani, H. (2011). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jogyakarta: Nuha Medika.

Arosna, A. D. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Di FIK-UMS. Surakarta: UMS.

Aziz, S. (2014). Pendidikan Seks Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan, Vol II No 2.

Azwar, S. (2011). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Dhati, N.A. (2013). Pengaruh Pendidikan Seksterhadappengetahuan Dan Sikap Remaja Dalam Pencegahan Seks Pranikah di SMA N I Pundong Bantul Yogyakarta. Naskah Publikasi. Program Studi Bidan Pendidik Jenjang D IV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan‘Aisyiyah Yogyakarta.

Farisa, D. (2013). Fakta - Fakta Penyebab Seksual pada Remaja Tunagrahita SLB N Semarang. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Negeri Semarang.

Helda. (2017). Upaya Peningkatan Pengetahuan Melalui Pendidikan Kesehatan Tentang Perilaku Seksual Pada Anak Tunagrahita . Jurnal Kesehatan, Vol XI Jilid 2 No. 78.

Herini. (2016). Gambaran Perilaku Seksual Pada Remaja Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa (SLB)Negeri Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat vol 4, 317-318.

Kemenkes, R. (2014). Data dan Infor,asi Situasi Penyandang Disabilitas. Jakarta: Bakti Husada.

Komnas, P. (2018). Tergerusnya Ruang Aman Perempuan Dalam Politik Populisme. Catatan Tahuanan Tentang Kekerasan Terhadap Perempuan, 27-29.

Kumalasari, & Andriyanto. (2013). Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan . Jakarta: Salemba Medika.

Maolinda, N. S., & A, M. I. (2012). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Siswa Terhadap Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja. Vol 1 No 1( Studen E-Journals).

Mubarak, W. (2012). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Salemba Medika.

Patma, L. (2015). Pengaruh Pendidikan Seks Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Dalam Pencegahan Seks Besbas Di SMA Pertiwi 2 Padang. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Andalas.

Rikesdas. (2013). Laporan Riset Badan Kesehatan dan Kementrian. Jakarta: Rajawali Press.

Riyanto, A., & Budiman. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan & Sikap Dalam Kesehatan . Jakarta: Salemba Medika.

Rochyadi, E. (2012). Karakteristik & Pendidikan Anak Tunagrahita. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Santrock, J. W. (2013). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT.Erlangga.

Suciemilia. (2015). Identifikasi Peran Orang tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak Tunagrahita Di SLB N 1 Bantul Yogyakarta.

Yunita. (2011). Pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas VII SMPLB N Pembinaan. Yogyakarta: Universitas Sunan Kali Jaga Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

Sarwinanti, S., & Frintika, R. N. (2021). Pendidikan Seksual Mempengaruhi Pengetahuan dan Sikap Seksualitas Remaja Tunagrahita. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 17(1), 10–19. https://doi.org/10.31101/jkk.2059

Issue

Section

Articles

SHARE THIS