Evaluasi program pelaksanaan kelas ibu balita di wilayah kerja dinas kesehatan kabupaten banjarnegara

Authors

  • Lia Aria Ratmawati Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Banjarnegara Jawa Tengah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/jkk.546
Abstract views 1874 times

Keywords:

input, proses, output, evaluasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan kelas ibu balita di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Rancangan penelitian observasi dan wawancara. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 11 puskesmas yang menyelenggarakan kelas ibu balita di Banjarnegara. Hasil penelitian evaluasi ketersediaan input pelaksanaan kelas ibu balita yaitu fasilitator 100% memadai dan sarana prasarana 51,52% tidak memadai. Evaluasi proses pelaksanaan kelas ibu balita secara keseluruhan 93,94% pelaksanaannya baik. Evaluasi output pelaksanaan kelas ibu balita didapatkan hasil nilai pre test dan post test peserta terhadap materi yang diberikan oleh fasilitator sebanyak 58,41% nilainya meningkat. 

References

Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. (2010). Jawa Tengah Dalam Angka 2009. Semarang: Badan Pusat Statistik Jawa Tengah dan BAPPEDA Propinsi Jawa Tengah, Semarang.

Chikmah,MA; Laksono, B; Yuniastuti. (2016). Efektivitas Sms Bunda Dibanding Kelas Ibu Hamil terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Perilaku. Public Health Persepctive Journal 1 (1) 2016. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/phpj.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Balita. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Balita. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta : Depkes RI.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. (2010). Profil Kesehatan Kabupaten Banjarnegara 2009. Banjarnegara: Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

Ernoviana M.H. 2005. Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak di Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto. http://www.lrckmpk.ugm.ac.id/id/UPPDF/ working/No.29 Ernoviana 07 06.pdf. diakses tanggal 20 Maret 2016

Kementrian Kesehatan RI. (2002). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kemenkes RI.

Lewis, Heather Cole and Kershaw. 2010. Text Messaging as a Tool for Behavior Change in Disease Prevention and Managemen Trace. Journal Epidemiol Rev. 32 (1) 56-69.

Ningtyas, S.2016. Pengaruh Kelas Ibu Balita Usia 0-59 Bulan Terhadap Pengetahuan Pemanfaatan Buku Kia. Jurnal Keperawatan & Kebidanan – Stikes Dian Husada Mojokerto

Vlasta, V.-J., Thyra, d. J., Ipek, G.-U., Rifat, A., & Josip, C. (2012).Mobile phone messaging for preventive health care.Cochrane Database of SystematicReviews,http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/14651858.CD007457.pub2/abstract.

Downloads

Published

2018-06-12

How to Cite

Ratmawati, L. A. (2018). Evaluasi program pelaksanaan kelas ibu balita di wilayah kerja dinas kesehatan kabupaten banjarnegara. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 14(1), 25–31. https://doi.org/10.31101/jkk.546

Issue

Section

Articles

SHARE THIS