Menelisik fungsi media baru (studi kasus literasi informasi kesehatan pada penggunaan aplikasi kesehatan di kalangan siswa sma muhammadiyah se-kabupaten Bantul)

Authors

  • Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali 'Aisyiyah University of Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.248
Abstract views 1429 times

Keywords:

literasi media, informasi kesehatan, aplikasi kesehatan

Abstract

Studi kasus mengenai literasi media siswa bertujuan untuk mengetahui pemahaman tentang informasi kesehatan dan mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi penggunan gadget (smartphone) terkait literasi media. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan mempergunakan teknik analisis kritis dalam bingkai metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa SMA Muhammadiyah di Kabupaten Bantul menggunakan aplikasi kesehatan untuk membantu dalam keanggotaan di organisasi PIK KRR pada sekolah masing-masing, tingkat penggunaan aplikasi kesehatan ada pada kategori sedang dimana aplikasi digunakan untuk menolong orang disekitarnya dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan media literasi terutama adalah faktor lingkungan sekolah dan keluarga.

References

Daymon,C and Surma,A. (2012). The Mutable Identities of Women in Public Relations. Public Relations Inquiry. 1(2): 177-96.

Departemen Agama RI. (2015). A-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung : Syaamil Al Qur’an.

Devito, Joseph, A. (2012). Komunikasi antar manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Ishak, Aswad. (2012). Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Komunikasi (ASPIKOM), Volume 1, Nomor 4, Januari 2012.

Ishak, Aswad. (2015). Revitalisasi Public Relations Organisasi Pemerintah dalam Upaya Pencapaian Penguatan Masyarakat dalam Aswad Ishak dan Setia Budi HH (ed), Public relations dan Corporate Social Responsibility. Jakarta: ASPIKOM, Buku Literas, BPC Humas Yogyakarta.

Jefkins, Frank. (2010). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.

Kurniawati, Juliana & Baroroh, Siti (2016), Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator. Vol 8 No.2, Hal 51-66.

Lestari, Puji Umi Pratiwi, dan Permata Ulfah. (2015). Identifikasi Faktor. Organisasional dalam Pengembangan “E-Governance†pada Organisasi Pengelola Zakat. Jurnal MIMBAR, Vol. 31, No. 1 (Juni, 2015).

Moore, Ph.D, Frazier. (2004). Humas, Membangun Citra Dengan Komunikasi. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Straubharr K., & Rose, L (2011). Media and Information Literacy: Curicullum fo Teacher. Paris: UNESCO.

Susanto, Eko Harry. (2010). Kelambanan Reformasi Birokrasi dan Pola Komunikasi Lembaga Pemerintah. Jurnal ASPIKOM , Volume 1, Nomor 1, Juli 2010: 1-124.

Wiratmo, LB, Irfan, N dan Kuwantoro. (2017). Website Pemerintah Daerah sebagai Sarana Online Public Relations. Jurnal ASPIKOM, Vol 3 No 2, Januari 2017 Hal 326-330

Downloads

Published

2019-05-25

Issue

Section

Articles

SHARE THIS