Pengembangan produk dan pemasaran digital untuk usaha kerajinan Blangkon Suratno

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.2212
Abstract views 824 times

Keywords:

analisis swot, inovasi produk baru, pemasaran digital, UMKM

Abstract

Kontribusi UMKM di Indonesia memiliki peran yang signifikan. Salah satu provinsi di Indonesia yang UMKM-nya berkembang adalah Provinsi DI Yogyakarta. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, usaha skala mikro secara konsisten mengalami peningkatan. Namun demikian, pandemi Covid-19 berdampak pada hampir seluruh sektor usaha. Selain itu, tuntutan era digital juga semakin menuntut pelaku usaha untuk beradaptasi dengan cepat. Usaha Blangkon Suratno yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, DIY merupakan salah satu usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19 dan diperlukan inovasi agar dapat bertahan dalam kondisi saat ini. Program pendampingan UMKM bagi pelaku usaha mikro menjadi solusi bagi Usaha Blangkon Suratno. Program pendampingan bertujuan untuk membina pelaku UMKM dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di masa pandemi, agar tetap bertahan. Kegiatan dilakukan dengan lima tahap yakni 1) identifikasi masalah; 2) coaching pengembangan produk; 3) pembuatan proposal usaha; 4) dokumentasi persiapan pemasaran digital; dan 5) laporan akhir. Hasil pengabdian ini adalah peningkatan pengetahuan bagi pelaku UMKM terkait pemasaran digital, peningkatan usaha UMKM dan ide pengembangan bisnis dari UMKM. 

Author Biography

Sri Ekanti Sabardini, STIM YKPN

Saya dosen STIM YKPN sejak 29 tahun yang lalu

References

Andayani, Indah, Maria Veronika, W. Y. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa. Jurnal Pendidikan Non Formal. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/20221

Association, A. M. (n.d.). Branding. https://www.ama.org/topics/branding/

Dinas Koperasi UKM Provinsi DI Yogyakarta. (n.d.). Data Koperasi dan UKM Provinsi DI Yogyakarta 2017-2021. http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/107-ukm

Febriansyah. (2019). Pengembangan Usaha UKM Kedai Kopi Abang Kecamatan Pulogadung dengan Metode Business Model Canvas. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89–96. http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/BERDAYA/article/view/137

Indrabayu; Areni, Intan Sari; Nurtanio, Ingrid; Yohannes, Christoforus; Tahur, Zulfikar; Bustamin, Anugrayani; Imran, A. M. (2020). Business Model Canvas dan Social Media Marketing untuk Meningkatkan Kapasitas Pengusaha Mikro di Kabupaten Pangkep. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 3(1), 150–156. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v3i1.72

Karim Syahputra, A., Kurniawan, E., & Nofriadi, N. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi UPT. Puskesmas Porsea. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.370

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (n.d.). Data UMKM. https://kemenkopukm.go.id/data-umkm

Kompas.com. (2021, August 4). Industri Pariwisata di Jogja Rugi Rp 10 Triliun Selama Pandemi. https://travel.kompas.com/read/2021/08/04/123500027/industri-pariwisata-di-jogja-rugi-rp-10-triliun-selama-pandemi?page=all

Massepe, A. N. B. (2017). Modul Pelatihan Business Model Canvas Bagi Mahasiswa Program Wirausaha Universitas Hasanuddin. In Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Universitas Hasanuddin dan Inkubator Bisnis UNHAS (Issue September). https://www.researchgate.net/publication/344892276_MODUL_PELATIHAN_BUSINESS_MODEL_CANVAS

Naima, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2013). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=L3TnC7ZAWAsC

Permatasari1, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Bagi UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 91–99. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.91-99

Prasetya, Adhitya Yoga; Sugiharti; Fadhila, Z. R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Jurnal Budimas, 3(1), 102–108. http://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1628

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Rangkuti, F. (1998). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=UHV8Z2SE57EC

Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih di Kabupaten Magelang dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 68–73. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.3943

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra. http://repo.stkipahsingaraja.ac.id/22/1/1 Penelitian Kualitatif plagiat.pdf

Tribun Jogja. (2019, July 19). Baru 30 Persen UMKM di DIY yang Go Digital. https://jogja.tribunnews.com/2019/07/19/baru-30-persen-umkm-di-diy-yang-go-digital.

wearesocial; Hootsuite. (2020). Digital 2020 Reports. https://wearesocial.com/digital-2020

Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bisnis Seri Ke-4, 195–206. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/19.pdf

Downloads

Published

2022-02-04

Issue

Section

Articles

SHARE THIS