Psikoedukasi dan Hipnoterapi untuk Penanganan Insecure pada Remaja

Authors

  • Zahro Varisna Rohmadani Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Tri Winarsih Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.2230
Abstract views 1119 times

Keywords:

Psikoedukasi, Hipnoterapi, Insecure, Remaja

Abstract

Pembelajaran secara daring (online) yang dilakukan selama masa berlangsungnya pandemi Covid-19 membuat siswa mengubah metode dan pola belajar yang biasa mereka lakukan. Intensitas penggunaan smartphone dan jaringan internet sebagai sarana pembelajaran justru ikut meningkatkan aktifitas siswa dalam berinteraksi melalui media sosial. Para siswa SMA yang masih berada dalam kategori remaja ini jika tidak diawasi dalam penggunaan media sosialnya maka akan rentan mengalami perasaan insecure. Insecure adalah perasaan lemah, tidak percaya diri dan putus asa yang dialami seseorang akibat seringnya membandingkan diri sendiri melalui media sosial yang dimilikinya dengan orang lain yang dianggap lebih mampu atau berdaya. Perasaan insecure pada siswa ini harus segera diatasi karena siswa yang mengalami insecure memperlihatkan produktifitas belajar yang cenderung menurun. Solusi yang bisa ditawarkan adalah melalui psikoedukasi dan hipnoterapi yang diberikan kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman diri dan penanaman sugesti yang positif. 

References

Baskara B. Rangkaian Peritiwa Pertama Covid-19. 18 April 2020. Retrieved from https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-covid-19/. 2020.

Farisa FC. UPDATE 12 Juli: Kasus Covid-19 Bertambah 1.681, Totalnya Jadi 75.699. kompas.com. 2020.

Satgas Penanganan COVID-19. Peta Sebaran. covid19.go.id. 2020.

Sumartiningtyas HKN. New Normal, WHO Tekankan Protokol Kesehatan dan Jarak Sosial Cegah Penularan Corona. kompas.com. 2020.

Harahap ACP, Harahap DP, Harahap SR. Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns J Kaji Konseling dan Pendidik. 2020;3(1):10–4.

Oktawirawan DH. Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2020 Jul;20(2).

Kingsburry SJ. Hypnosis in the Treatment of Posttraumatic Stres Disorder : An Isomorphic Intervention. Am J Clin Hypn. 2011;31(2).

Setyadi, A.W. Murti, B & Demartoto A. The Effect of Hypnotherapy on Depression, Anxiety and Stress, in People Living with HIV / AIDS, in “Frienship Plus†Peer Supporting Group, in Kediri, East Java. J Heal Promot Behav. 2016;

Kumar, A & Jena SP. Effect of Clinical Hypnotherapy on Anxiety Symptoms. Delhi Psychiatry J. 2013;

Rohmadani, ZV. Metode Future Pacing Hypnotherapy Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru. J Heal Stud. 2017;1(2):125–9.

Cahyadi, A. Metode Hipnoterapi dalam Merubah Perilaku. Syi’ar. 2017;17(2):73–82.

Downloads

Published

2021-10-12

Issue

Section

Articles

SHARE THIS