Booklet Covid-19: Informasi dan Gizi sebagai Penduan untuk Aisyiyah Cabang Banguntapan Utara

Authors

  • Anindhita Syahbi Syagata Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Hari Akbar Sugiantoro Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Astari Puruhita Ansokowati Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.2305
Abstract views 736 times

Keywords:

Booklet, Covid-19, Gizi

Abstract

Coronavirus atau dikenal dengan covid-19 telah mengancam status kesehatan masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Angka mortalitas dari virus ini pun tinggi dengan penularan yang masif. Kasus kematian di Indonesia banyak terjadi pada usia dewasa hingga lansia. Terdapat beberapa masalah mitra yang dianalisis antara lain: (1) Covid-19 merupakan jenis virus baru yang mengancam kesehatan masyarakat dan informasi yang ada terlalu banyak, (2) Ibu-ibu ‘Aisyiyah di Daerah Mitra merupakan usia rentan yang berisiko tinggi mengalami mortalitas, (3) Tidak ada panduan khusus mengenai informasi umum termasuk pencegahan, zat gizi, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Booklet ini berisi mengenai informasi umum covid-19 ditambah dengan penjelasan zat gizi untuk meningkatkan imunitas dan PHBS yang kemudian dapat menjadi solusi nyata untuk masyarakat sasaran. Kendala yang dihadapi terutama berkaitan dengan pengumpulan data, juga penjelasan secara daring. Sesi tanya-jawab dan pendampingan di grup Whatsapp berkala menjadi solusi untuk kendala yang dihadapi, dan harapannya masyarakat sasaran lebih aware terhadap kesehatan khususnya terkait dengan situasi pandemi Covid-19.

References

Badan Pusat Statistik. (2019). Penduduk menurut Usia.

Kementerian Kesehatan. (2020). Proporsi Kasus Positif dalam Perawatan, Sembuh, dan Meninggal Menurut Kelompok Umur. Juni 2020.

Gemilang (2019) Booklet, Universitas Negeri Jakarta.

Gropper, Sareen S. Smith, J. L. (2013) Advanced Nutrition and Human Metabolism, Advanced Nutrion in Human.

Hardinsyah, dan Supariasa, I. D. N. (2017). Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Jakarta: EGC.

Kementerian Kesehatan RI (2014) Pedoman Gizi Seimbang, Pedoman Gizi Seimbang.

Kementerian Kesehatan RI (2019) Peraturan Menteri Kesehatan tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.

Rahayu, S. P. and Syagata, A. S. (2018) ‘IbM Pembuatan Kamus Saku Tentang Istilah Asing dan Bahasa Inggris pada Label Makanan Kemasan’, in SNIEMAS UAD, pp. 272–278.

Susilowati, Fitri; Siswanta, L. (2016) ‘Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Menghadapi Risiko Bencana Berbasis Gender’, SEMAR, 5(1), p. 41. Available at: http://repository.upy.ac.id/2025/1/SEMAR-FitriS.pdf.

World Health Organization (2020) ‘Covid-19 Situation Report’, World Health Organization, 31(2), pp. 61–66.

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles

SHARE THIS