Pembentukan satgas covid-19 dalam persiapan pembelajaran tatap muka di SMP Muhammadiyah 1 Gamping

Authors

  • Joko Murdiyanto Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Astika Nur Rohmah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Heri Puspito Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Ratih Kusuma Dewi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.2451
Abstract views 292 times

Keywords:

kesiapan sekolah, pembelajaran tatap muka, pandemi covid-19

Abstract

Wabah Covid-19 sudah manjadi pandemi di seluruh dunia dan berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Selama ini pembelajaran sekolah dilaksanakan secara daring dan rencananya akan dilaksanakan secara luring sehingga diperlukan persiapan untuk mendukung proses pembelajaran tersebut. Pengabdian masyarakat, yang merupakan salah satu perwujudan tri dharma perguruan tinggi, dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping, bertujuan untuk melakukan persiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemic Covid-19. Tahapan kegiatan ini adalah observasi dan identifikasi masalah mitra, memberikan solusi kepada mitra, pembuatan media edukasi, sosialisasi dan pelatihan serta evaluasi dan monitoring. Hasil kegiatan Pengabdian masyarakat ini yaitu adanya peningkatan pengetahuan terkait dan sikap dalam pelaksaanaan protokol kesehatan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping selama pembelajaran tatap muka.

References

Gubernur DI.Yogyakarta. (2021). Instruksi Gubernur DIY No. 13/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat - Pengumuman | Portal Pemda DIY. Retrieved May 28, 2021, from https://www.jogjaprov.go.id/pengumuman/detail/160-instruksi-gubernur-diy-no-13-2021-tentang-perpanjangan-pemberlakuan-pembatasan-kegiatan-masyarakat

Handayani, M., & Mariana, D. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 6(1). https://doi.org/10.36729/JAM.V6I1.570

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/PENDAS.8.1.91-104

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R. K. (2014). Analisis Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Guru Dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1). https://doi.org/10.25273/JIPM.V3I1.492

Najib, Ainun. (2021). Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Jogja Digelar Akhir April dan Usai Lebaran. Retrieved May 28, 2021, from https://yogya.inews.id/berita/uji-coba-sekolah-tatap-muka-di-jogja-digelar-akhir-april-dan-usai-lebaran

Najib, Aiunun. (2021). Pembelajaran Tatap Muka, Disdikpora DIY Siapkan Sekolah Percontohan. Retrieved May 28, 2021, from https://yogya.inews.id/berita/pembelajaran-tatap-muka-disdikpora-diy-siapkan-sekolah-percontohan

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numba, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII SMPN 1 Ende Selatan, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/MAHAJANA.V2I1.769

Pradana, W. E. (2021). Belajar Daring Tak Optimal, Orang Tua dan Sekolah di Jogja Minta Sekolah Dibuka | kumparan.com. Retrieved May 28, 2021, from https://kumparan.com/pandangan-jogja/belajar-daring-tak-optimal-orang-tua-dan-sekolah-di-jogja-minta-sekolah-dibuka-1vBITqFFWpU

Purnama, L. H., & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh Edukasi Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Covid-19 di Panti Asuhan Guyup Rukun Kota Bengkulu. Journal of Bionursing, 4(1), 24–28. https://doi.org/10.20884/BION.V4I1.120

Ramadania, M., Agustina, & Mutia Wenny, D. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Covid-19 Melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan Remaja di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Depok Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(3), 126–132. https://doi.org/10.52022/JIKM.V13I3.178

Statistik Corona DI.Yogyakarta. (2021). Yogyakarta Tanggap COVID-19. Retrieved May 28, 2021, from https://corona.jogjaprov.go.id/data-statistik

VC, L., A, K., & NM, A. (2021). COVID-19 vaccine hesitancy among medical students. Journal of Public Health (Oxford, England), 43(3), 445–449. https://doi.org/10.1093/PUBMED/FDAA230

Wardah, R., & Farisia, H. (2021). Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Implementasinya pada Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2008–2017. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.908

Downloads

Additional Files

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles

SHARE THIS