Workshop promosi kesehatan pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak bagi kader

Authors

  • Lusa Rohmawati STIKes Yogyakarta
  • Ina Kuswanti STIKes Yogyakarta
  • Fitria Melina STIKes Yogyakarta
  • Sulistyaningsih Prabawati STIKes Yogyakarta
  • Wiwin Priyantari STIKes Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.2753
Abstract views 310 times

Keywords:

HIV, kader, promosi kesehatan

Abstract

Persebaran kasus HIV menurut faktor resiko lebih banyak pada heteroseksual. Kader kesehatan HIV/AIDS melakukan upaya promotif dan preventif yang terkait sebagai bagian community health care as partners (CHCP). Peran transformatif dari kader kesehatan HIV/AIDS berpotensi meningkatkan layanan di masyarakat untuk mengurangi stigma ODHA sehingga tercapai tujuan eliminasi HIV. Tujuan: keberlanjutan kegiatan yang mendukung peningkatan pengetahuan dan perilaku pencegahan penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) pada kader maupun masyarakat. Metode: 1) Pemberian materi dari narasumber pakar; 2) Evaluasi pemateri dan pelaksanaan. Hasil: Evaluasi pemateri secara umum sebagai berikut: penguasaan materi sangat baik; kejelasan materi baik; penggunaan bahasa baik; disiplin kehadiran baik; dan interaksi dengan peserta sangat baik. Adapun evaluasi pelaksanaan workshop yang diselenggarakan oleh tim pengabdi STIKes Yogyakarta meliputi: ketepatan waktu pelaksanaan kegiatan baik; pelayanan panitia terhadap peserta sangat baik; hubungan tema kegiatan dengan materi yang disampaikan sangat baik; sarana dan prasarana kegiatan baik; dan informasi yang diberikan panitia sangat baik. Simpulan: evaluasi pemateri dan evaluasi pelaksanaan kegiatan workshop secara umum baik. Ada peningkatan pengetahuan kader tentang pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak. 

References

Ernawati., dkk. 2020. Implementasi Kemitraan Kader Kesehatan HIV/AIDS Untuk Mengurangi Stigma Pada Orang dengan HIV/AIDS: Study Kasus. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa Volume 3 No 4, Hal 513 - 526, November 2020.

Dinkes DIY. 2020. Profil Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta Tahun 2020. Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dinkes Yogyakarta, 2020. Profil Kesehatan Kota Yogyakarta Tahun 2020 (Data Tahun 2019). Pemerintah Kota Yogyakarta.

Jovani, A. 2016. Belajar Dari Desa: PKK Sebagai Organisasi Gerakan Perempuan. Jurnal. Arist. Vol. 4 No.1.

Kemenkes RI. 2012. Pedoman Nasional Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA). Edisi kedua. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. 2013. Rencana Aksi Nasional Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) Indonesia 2013-2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes. 2022. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Human Immunodeficiency Acquired Immuno-Deficiency Syndrom Dan Infeksi Menular Seksual. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Naully, P., Nursidika, P., & Astuti, I. 2019. Pelatihan Kader Kesehatan untuk Prevensi Penyebaran Penyakit HIV/AIDS pada Ibu Rumah Tangga di Batujajar Timur Bandung Barat. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 53-58.

Rochmawati, L., Prabawati, S., Melina, F., Kuswanti, I., & Priyantari, W. 2022. Edukasi Pencegahan Penularan HIV dari Ibu Ke Anak (PPIA) . Jurnal Hayina "Hasil Karya ‘Aisyiyah Untuk Indonesia", 62-67.

Sohimah., dkk. 2020. Pelatihan Pencegahan dan Deteksi Kelompok Risiko HIV/AIDS Ibu Hamil Pada Kader Kesehatan di Desa Slarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Irsyad Vol. II, No. 2. Oktober 2020.

Solihatul, N., Kartika, E., Sugiharti, R., Yulia, A., Irawan, D., Hamdani, K., & Nurapandi, A. 2022. Pemberdayaan Kader Posyandu untuk Pencegahan Risiko HIV/AIDS . KOLABORASI Inspirasi Madani, 286-290.

Theresia, RM., dkk. 2019. Promosi Kesehatan Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit HIV/AIDS di Karang Taruna X dan Y Cinere, Depok. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. Vol. 2, No. 2, November 2019, Hal. 55-61.

WHO. 2013. Global Report UNAIDS Report on The Global AIDS Epidemics.

Downloads

Published

2022-11-16

Issue

Section

Articles

SHARE THIS