Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui digitalisasi untuk pertumbuhan ekonomi

Authors

  • Riska Risty Wardhani Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Nurul Tazkiyah Adam Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Ainun Lahasa Putri Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Dian Apriani, Sekar Ayu Setyaningsih Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.3299

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat agar dapat berkembang dan hidup lebih baik. Salah satu program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan adalah melalui pemberdayaan UMKM. Perkembangan teknologi digital dan internet telah memberikan peluang bagi UMKM untuk memasarkan produk dan jasa mereka secara lebih luas dan efisien. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM di Dusun Jetis, Sleman, Yogyakarta dalam pemasaran digital. Pengabdian ini berbasis pendekatan kepada masyarakat. Strategi yang digunakan adalah pengembangan komunitas berbasis aset. Program ini antara lain sosialisasi dan edukasi tentang digital marketing merupakan langkah penting bagi pelaku UMKM. Melalui sosialisasi dan edukasi, pelaku usaha dapat menambah wawasan dan memahami konsep digitalisasi serta mampu merencanakan strategi pemasaran yang efektif dalam mengembangkan bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas di era digital. Selain itu, program ini juga membantu para pelaku usaha dalam pembuatan media sosial berupa akun Instagram, e-mail, dan lintree. Panduan dan petunjuk diberikan serta diarahkan secara langsung untuk memudahkan pelaku usaha dalam mengelola bisnis kedepannya. Diharapkan dengan keseimbangan mindset dan media sosial sebagai alat pemasaran secara online, pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan keberlangsungan usaha yang lebih lama serta dapat berdaya saing di era digital.

References

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. Semar: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat/SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat, 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Atina, V. Z., Setiawan, F., Mahmudi, A. Y., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampinga Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Omset. Abdi Masya, 1(4), 164–171. https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.161

Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, & Effendi, N. I. (2022). Digital Marketing (Tinjauan

Febriyanti, N., Luthfiana, N., Rohmah, N., Solehah, S., Burhannudin, R., Bilqis, N. S., Prakoso, A., Nagari, D. C., Arrasyid, M. S., Febriyanti, A. I., & Budi, S. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Pasca Pandemi COVID-19 Pada Pelaku UMKM Kawasan Wisata Unit Banjaran Yogyakarta. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 188– 201. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.188-201

Hariani, E., Widyawati, R. F., & Dewanti, A. A. (2022). Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM di Kota Pasuruan dengan Aplikasi LINKTREE. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 101–108. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i3.170

Imron, M. S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemi Covid-19. Transformasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat/Transformasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 65–76. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3129

Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60–72. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.388

Konseptual) (R. Wujarso, Ed.; 1st ed., pp. 1–168).

Muchsinati, E. S., & Yulianingsih, R. (2021). Penerapan Strategi Digitalisasi Marketing Mix Pada Usaha Mikro Kecil Sate Pak Lek Mardi. Conference on Community Engagement Project, 1(1), 21091–22116.

Nurmadewi, D. (2023). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan, 2(1), 385–392.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Sabardini, S. E., & Amir, D. A. (2022). Pengembangan produk dan pemasaran digital untuk usaha kerajinan Blangkon Suratno. Hayina, 1(2). https://doi.org/10.31101/hayina.2212

Setyono, N. V. I., Darmawan, N. Y., David, N. M., & Alwi, N. H. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Marketplece Shopee. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 96–103. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i1.1467

Setyono, N. V. I., Darmawan, N. Y., David, N. M., & Alwi, N. H. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Marketplece Shopee. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 96–103. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i1.1467

Yasir M. Pidu, Raflen Aril Gerungan, Andi Suci Anita, & Windra Irawan. (2023). Media Sosial Untuk Menunjang Kegiatan Digital Marketing UMKM. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2, 345–356. https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.741

Yuningsih, S., Sudya, R., Amhal, H. I., & Gupitasari, F. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk Umkm Mie Ayam Melalui Sistem Digitalisasi Pada Masa Pandemi COVID 19 Di Wilayah Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10686

Downloads

Published

2024-04-20

Issue

Section

Articles

Citation Check