Peningkatan manajemen pemasaran UMKM KWT Kusuma Ledoknongko

Authors

  • Fayakun Nur Rohmah Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Taufiqur Rahman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Luluk Rosida Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Siti Nadhir Ollin Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Bimantara Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Musoli Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Danur Wijayanto Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.3663

Keywords:

branding; digital marketing; UMKM; pemasaran; teknologi informasi

Abstract

UMKM KWT Ledoknongko mengembangkan produk olahan salak diantaranya brownis salak dan yogurt salak. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah pemasaran yang konvensional. Mitra membuat produk berdasarkan pesanan mulut ke mulut. Mitra juga belum memiliki merk yang terdaftar. Tujuan kegiatan ini adalah peningkatan branding produk dengan pendampingan pembuatan logo merk dan pendaftaran merk, pendampingan pembuatan konten digital dan manajemen sumberdaya teknologi informasi. Metode yang diterapkan adalah dengan FGD dan pelatihan tentang tentang pemanfaatan teknologi informasi, strategi branding, pembuatan konten digital, pengenalan platform digital dan manajemen sumber daya teknologi informasi. Setelah pelaksanaan kegiatan merk sudah dibuat dan didaftarkan ke kemenkumham, ketrampilan mitra tentang pembuatan konten digital meningkat dan pemahaman tentang penggunakan teknologi informasi meningkat.

Author Biography

Fayakun Nur Rohmah, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

<strong>Hayina </strong>journal is a community service journal that is a scientific forum for socializing community service, with a registered number E-ISSN 2809-7300 (online) are scientific multidisciplinary journals published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Focus and Scope of the articles published in the <strong>Hayina</strong> (Hasil Karya 'Aisyiyah untuk indonesia) Journal based on research such as Participatory Action Research, Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development and Community Empowerment. The publication of this journal will be carried out in one year, starting in 2021 the publication will be published <strong>twice</strong>, namely in <strong>April</strong> and <strong>October</strong>.

References

Arifin, N. N. H., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Melalui Kegiatan Rebranding Produk UMKM Jenang Legend Lek Siti di Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 99–106. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.179

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2). http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Gumilang, R. R. (2017). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Arlinda, S., & Hendro, J. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Wilayah Kecamatan Cilincing. Jurnal Manajemen STEI, 6(2), 31 - 37. Retrieved from https://ejournal.stei.ac.id/index.php/ManajemenSTEI/article/view/1215

Pratama, M. R., & Iryanti, E. (2023). Pendampingan Rebranding Logo Dan Kemasan Guna Meningkatkan Penjualan UMKM Opak Gapit. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 5(3). https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i3.328

Rasyid, R. A., & Karya, D. F. (2019). Perbandingan Logo, Warna, dan Kemasan Terhadap Penjualan Produk (Studi pada Expo di Universitas Negeri Mataram, NTB). Accounting and Management Journal, 3(1), 51–55. https://doi.org/10.33086/amj.v3i1.1191

Siswanto, Saputro, A., Anif, M., & Hari Prasetyo, B. (2022). Desain Branding Kemasan Produk UMKM Yang Menarik dan Ekonomis. Sisfotek : Sistem Informasi Dan Teknologi, 194–201. https://www.seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/367

Suwandi, A., Susanti, & Nisrina. (2023). Pengembangan Logo pada Produk sebagai branding UMKM di Desa Wisata Kertarahayu. Journal of Tourism and Creativity, 7(2), 2023. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/index

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Online) KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207

Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran guna meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275

Downloads

Published

2022-04-24

Issue

Section

Articles

Citation Check