Hubungan pendidikan, pekerjaan dan dukungan suami terhadap keteraturan kunjungan ANC pada ibu hamil trimester III

Authors

  • Nur Inayah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Enny Fitriahadi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.842
Abstract views 3063 times

Keywords:

keteraturan, kunjungan ANC, ibu hamil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan, pekerjaan, dan dukungan suami dengan keteraturan kunjungan ANC pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Gamping 1 Sleman. Jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan metode insidental, didapatkan sampel sebanyak 52 orang. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value pendidikan (p=0,034), pekerjaan (p=0,032), dukungan suami (p=0,239). Ada hubungan antara pendidikan dan pekerjaan dengan keteraturan kunjungan ANC pada ibu hamil trimester III. Tidak ada hubungan antara dukungan suami dengan keteraturan kunjungan ANC pada ibu hamil trimester III. Diharapkan ibu hamil dapat melibatkan suami atau keluarga dalam melakukan pemeriksaan ANC.

References

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Standar Profesi Bidan. Jakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. (2016). Profil Kesehatan Kabupaten Sleman Tahun 2016. Yogyakarta.

Friedman. (2013). Keperawatan Keluarga “Riset, Teori dan Praktik.†Diterjemahkan Oleh (Dns. Prof. Achir Yani S.Hamid, MN, MNs. Agus Sutarna, S.Kp, S.K. Nike Budhi Subekti, S.K. Devi Yulianti, & S.K. Novayanti Herdia, Eds.) (5th ed). Jakarta: EGC.

Junga, M. R., Pondaag, L., & Kundre, R. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keteraturan Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Ranotama Weru Kota Manado. E-Journal Keperawatan (E-KP), 5(1).

Kemenkes Republik Indonesia. (2016). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Retrieved from http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-2016.pdf.

Mukaromah, H., & Saenum. (2014). Analisis Faktor Ibu Hamil Terhadap Kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Jurnal Promosi Dan Pendidikan Kesehatan Indonesia, 2(1), 39-48.

Mulyati, L., Mudrikatun, & Sawitry. (2013). Hubungan Dukungan Suami pada Ibu Hamil dengan Kunjungan ANC di Rumah Bersalin Bhakti IBI Jl.Sendangguwo Baru V No 44C Kota Semarang. Jurnal Kebidanan Universitas Muhammadiyah Semarang, 2(1).

Ningsih, E. S. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Hamil Trimester III dengan Keteraturan Kunjungan ANC. Jurnal Midpro, 9(2).

Pusdiknakes. (2012). Asuhan Antenatal. Jakarta: Pusdiknakes.

Sari, G. N., Fitriana, S., Anggraini, D. H. (2015). Faktor Pendidikan, Pengetahuan, Paritas, Dukungan Keluarga dan Penghasilan Keluarga yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Antenatal. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 2(2): 77-82.

Sari, K. I. P., Efendy, H. V. (2017). Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Kunjungan Antenatal Care. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 9(1).

Downloads

Published

2019-05-22

Issue

Section

Articles

SHARE THIS