Hubungan dukungan suami dan pengetahuan tentang persalinan dengan kecemasan ibu bersalin kala I

Authors

  • Sarwinanti Sarwinanti Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Rina Aristyawati Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.1051
Abstract views 1711 times

Keywords:

dukungan suami, pengetahuan, kecemasan ibu bersalin kala I

Abstract

Kurangnya dukungan suami akan mengakibatkan ibu merasa takut, cemas serta khawatir saat persalinan. Dampak yang dialami saat persalinan adalah ibu akan menjadi lelah dan kehilangan kekuatan sehingga dapat mengganggu proses persalinan dan mengakibatkan proses persalinan menjadi lama. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan suami dan pengetahuan tentang persalinan dengan kecemasan ibu menghadapi persalinan kala I. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode study korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 32 ibu yang menghadapi persalinan kala I. Uji statistik yang digunakan adalah Kendall’s Tau. Hasil penelitian ini diketahui ada hubungan dukungan suami dan pengetahuan dengan kecemasan ibu bersalin kala I. 

References

Anggorowati. (2011). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Persalinan Kala I Dengan Kecemasan Persalinan Kala I Pada Ibu Bersalin Di RSIA Bahagia Semarang. Naskah Publikasi.STIKES Widya Husada.

Departemen Kesehatan RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia. Dalam www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/.../ProfilKesehatanIndonesia2016.pdf , Diakses 8 Maret 2018

Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2016). Profil Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016 (Data Tahun 2015). Dalam www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KES.../14_DIY_2015.pdf , Diakses 13 Maret 2018

Dinkes Sleman. (2016). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Kesehatan. Dalam https://dinkes.slemankab.go.id/.../LAKIP-Dinkes-Sleman-2016.pdf , Diakses 20 Agustus 2018.

Diani, Luh Putu Prema. (2013). Pengaruh Dukungan Suami Terhadap Istri Yang Mengalami Kecemasan Pada Kehamilan Trimester Ketiga Di Kabupaten Gianyar. Naskah Publikasi. Universitas Udayana.

Harnia, Elvira. (2015). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Tentang Proses Persalinan dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Persalinan Di Desa Tarai Bangun Wilayah Kerja Puskesmas Tambang Tahun 2015. NASKAH PUBLIKASI. STIKES Tuanku Tambusai Riau.

Hastuti, Dwi. (2015). Hubungan Pengetahuan Tentang Sectio Caesarea dengan Kecemasan Ibu Pre Oprerasi di Ruang Catleya Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Skripsi. STIKES Kusuma Husada Surakarta.

Kaplan, H.I., Sadock, B.J. (2005). Sinopsis Psikiatri. Jakarta: Bina Rupa Aksara

Maimunah, S. (2011). Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan Pertama. Jurnal: Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Marmi. (2012). Intranatal Care Asuhan Kebidanan Pada Persalinan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mubarak. (2010). Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsep dan Aplikasi dalam Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Musbikin, I. (2012). Persiapan Menghadapi Persalinan dari Perencanaan Kehamilan Sampai Mendidik Anak. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Mukhadiono. (2015). Hubungan Antara Dukungan Suami dengan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Primigravida Trimester III Dalam Menghadapi Persalinan. Jurnal Keperawatan Soedirman. 10 (1). 53-59. http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/articel/view/592. diakses tanggal 10 Juli 2019.

Setiadi, G.W. (2008). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Cetakan I. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Setyaningrum R.. F., Maryanto S. & Sukarno. (2013). Hubungan usia ibu Primigravida dengan tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan di wilayah kerja Puskesma Pembantu Kandangan Bawen.

Tamher, S. dan Noorkasiani. (2009). Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Cetakan I. Jakarta: Salemba Medika.

Wiknjosastro. H. (2009). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Mitra.

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles

SHARE THIS