Pengaruh physical activity terhadap peningkatan kognitif pada remaja di Pondok Pesantren Rumah Sajada

Authors

  • Fajar Yunan Fanani MAHASISWA

DOI:

https://doi.org/10.31101/jitu.4029
Abstract views 53 times

Keywords:

kognitif, physical activity, remaja

Abstract

  Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh physical activity yang dimana physical activity dapat membuat siswa lebih menguasai materi. Menurut WHO physical activity yang teratur akan berkaitan dengan peningkatan kognitif pada remaja. WHO menyebutkan prevelensi 31% orang dewasa dan 80% remaja tidak memenuhi tingkat physical activity yang direkomendasikan. Prevelensi di tempat penelitian bersumber dari pengajar menyebutkan banyak dari remaja yang sering mengantuk ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga ada Penurunan hasil belajar dari siswa berusia remaja dari rata-rata nilai 80 menjadi nilai rata-rata 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh physical activity terhadap peningkatan kognitif pada remaja di Ponpes Rumah Sajada. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain pre-post test and post test one group. Sampel penelitian ini adalah 25 remaja yang berusia 13-16 tahun dengan metode total sampling. Alat ukur menggunakan Army Alpha Test sebagai standar ukuran kognitif. Hasil pengolahan data menunjukkan physical activity berupa brain gym dan aerobic excercise berpengaruh dalam meningkatkan kognitif pada remaja di Pondok Pesantren Rumah Sajada dengan hasil uji pengaruh paired sample t-tes p= 0.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan skor kognitif remaja yang melakukan physical activity. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa physical activity dapat meningkatkan kognitif pada remaja di Pondok Pesantren Rumah Sajada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustana, R. S., Suparto, T. A., Sumartini, S., Purwandari, A., & Puspita, W. (2023). Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Fungsi Kognitif pada Lanjut Usia: Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 4(1), 103–108. https://doi.org/10.22437/jini.v4i1.24971

Aliyyah, R. R., Rahmatillah, F., Innisa, L., Azizah, N. S. F., & Alya, N. (2021). Perkembangan dan Karakteristik Pendidikan Siswa Sekolah Dasar. Universitas Djuanda, July, 1–108.

Alkaririn, M. R., Aji, A. S., & Afifah, E. (2022). Alkaririn. 5, 146–151.

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973

Asrizal, C. W., & Fitra, F. (2020). Pengaruh latihan aerobik terhadap fungsi Kognitif, mood dan proses aging pada sistem saraf pusat. Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika, 3(1), 16–20.

Barbosa, A., Whiting, S., Simmonds, P., Moreno, R. S., Mendes, R., & Breda, J. (2020). Physical activity and academic achievement: An umbrella review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(16), 1–29. https://doi.org/10.3390/ijerph17165972

Bull, F. C., Al-Ansari, S. S., Biddle, S., Borodulin, K., Buman, M. P., Cardon, G., Carty, C., Chaput, J. P., Chastin, S., Chou, R., Dempsey, P. C., Dipietro, L., Ekelund, U., Firth, J., Friedenreich, C. M., Garcia, L., Gichu, M., Jago, R., Katzmarzyk, P. T., … Willumsen, J. F. (2020). World Health Organization 2020 guidelines on physical activity and sedentary behaviour. British Journal of Sports Medicine, 54(24), 1451–1462. https://doi.org/10.1136/bjsports-2020-102955

Damayanti, E., Jamilah, J., Suban, A., Fitriana, F., & Alamsyah, N. (2020). Peranan Senam Otak Dalam Meningkatkan Fungsi Memori Jangka Pendek Pada Anak. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 247. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17245

Diananta, G. S., Salimo, H., & Soebagyo, B. (2020). Perbedaan Gangguan Psikososial dan Fungsi Kognitif antara Remaja Pendek dengan Indeks Massa Tubuh Rendah dan Normal di Sekolah Menengah Pertama Kota Surakarta. Sari Pediatri, 22(3), 153. https://doi.org/10.14238/sp22.3.2020.153-9

Husnul Khaatimah, R. W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknolofi Pendidikan, 2(2), 76–87.

Istiqomah. (2020). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Kognitif Pada Anak Usia Sekolah Dasar Ditinjau Dengan Metode Narrative Review.

Izzah, N. (2022). Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Daya Ingat Satri Di Rumah Tahfidz Al-Quran Al-Hihsan Pysio Sakti Malang. Universitas Hasanuddin, 1(1), 1–58. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/17850/

Janah, N., & Nugroho, P. S. (2021). Risiko Perilaku Kurangnya Aktivitas Fisik dan Mengkonsumsi Buah Terhadap Kejadian Obesitas Pada Remaja. Borneo Student Research (BSR), 3(1), 546–551. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/2297

Jeon, Y. K., & Ha, C. H. (2017). The effect of exercise intensity on brain derived neurotrophic factor and memory in adolescents. Environmental Health and Preventive Medicine, 22(1), 1–6. https://doi.org/10.1186/s12199-017-0643-6

Lind, R. R., Geertsen, S. S., Ørntoft, C., Madsen, M., Larsen, M. N., Dvorak, J., Ritz, C., & Krustrup, P. (2018). Improved cognitive performance in preadolescent Danish children after the school-based physical activity programme “FIFA 11 for Health” for Europe–A cluster-randomised controlled trial. European Journal of Sport Science, 18(1), 130–139. https://doi.org/10.1080/17461391.2017.1394369

Liu-Ambrose, T. (2017). Physical Activity and Brain Health. Innovation in Aging, 1(suppl_1), 40–40. https://doi.org/10.1093/geroni/igx004.159

Liu, Y., Yan, T., Chu, J. M. T., Chen, Y., Dunnett, S., Ho, Y. S., Wong, G. T. C., & Chang, R. C. C. (2019). The beneficial effects of physical exercise in the brain and related pathophysiological mechanisms in neurodegenerative diseases. Laboratory Investigation, 99(7), 943–957. https://doi.org/10.1038/s41374-019-0232-y

Marannu, A., Sengkey, L. S., & Gessa, J. (2020). Efek Latihanpermainanuntukmeningkatkanfungsi Kognitif Padastroke Kronis Dengan Gangguan Kognitif Ringan. Jurnal Medik Dan Rehabilitasi (JMR), 2(2), 1–11.

Miranda, M., Morici, J. F., Zanoni, M. B., & Bekinschtein, P. (2019). Brain-Derived Neurotrophic Factor: A Key Molecule for Memory in the Healthy and the Pathological Brain. Frontiers in Cellular Neuroscience, 13(August), 1–25. https://doi.org/10.3389/fncel.2019.00363

Niedermeier, M., Weiss, E. M., Steidl-Müller, L., Burtscher, M., & Kopp, M. (2020). Acute effects of a short bout of physical activity on cognitive function in sport students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10), 65–70. https://doi.org/10.3390/ijerph17103678

NURWIDITA, D. (2021). Validitas Army Alpha I terhadap Kesuksesan Pelatihan Siswa Training. 434056. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/196018

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putri, M. A., Amani, P., Adriani, D., Handayani, A., & Putri, A. (2021). Pelatihan senam otak dan pengukuran tingkat Konsentrasi Pada Penderita Diabetes Melitus Grup Prolanis Putewa Jakarta Timur (Brain Gym and measurement of concentration level in Putewa Diabetes Mellitus Group , East Jakarta). Jurnal Abdimas Dan Kearifan Lokal, 02(01), 89–96.

Sánchez-López, M., Cavero-Redondo, I., Álvarez-Bueno, C., Ruiz-Hermosa, A., Pozuelo-Carrascosa, D. P., Díez-Fernández, A., Gutierrez-Díaz del Campo, D., Pardo-Guijarro, M. J., & Martínez-Vizcaíno, V. (2019). Impact of a multicomponent physical activity intervention on cognitive performance: The MOVI-KIDS study. Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, 29(5), 766–775. https://doi.org/10.1111/sms.13383

SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Suratun, S., & Tirtayanti, S. (2020). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 101–105. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.3625

Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. Aura Publishing, 1–260. http://repository.radenintan.ac.id/10934/

Umam, A. K., Aneka, R. R., & Cahyo, E. D. (2021). PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI Berbasis Kajian Teoretis dan Studi Empiris. 1–113.

Wardhani. (2022). Efektivitas brain gym terhadap peningkatan konsentrasi belajar anak autis khusus autisme Bina Anggita Yogyakarta. Occupational Medicine, 53(4), 130.

Zulkarnain, M. (2018). Latihan Fisik dan Fungsi Kognitif. 70.


Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Fanani, F. Y. (2025). Pengaruh physical activity terhadap peningkatan kognitif pada remaja di Pondok Pesantren Rumah Sajada. Journal Physical Therapy UNISA, 5(1), 18–27. https://doi.org/10.31101/jitu.4029

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.