Pengembangan pemasaran digital pada badan usaha milik desa (BUMDES) Sri Taman Rejeki
DOI:
https://doi.org/10.31101/hayina.2982Keywords:
badan usaha milik desa, pemasaran digital, Kalurahan Donoharjo, sri taman rejekiAbstract
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki fungsi strategis dalam mendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat Kalurahan Donoharjo. Pendirian BUMDes dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi Kalurahan Donoharjo. BUMDes Sri Taman Rejeki merupakan inisiasi dari Kalurahan Donoharjo bersama masyarakat, untuk mengembangkan produksi olahan buah pepaya, seperti abon, manisan, dan stik pepaya. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam penggunaan media digital untuk memasarkan produk. Untuk mengembangkan produksi, pihak pengelola mengalami masalah utama terkait produksi dan pemasaran. Permasalahan utama meliputi produk belum terstandar, kemasan produk yang belum terstandar dan menarik, materi promosi masih tradisional, dan metode pemasaran yang masih konvensional. Melalui pelaksanaan pelatihan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta pelatihan dalam menjalankan proses produksi dan pemasaran yang efektif. Kegiatan pelaksanaan melalui enam tahap, yaitu pelaksanaan FGD dengan mitra, pembuatan modul pelatihan, pelatihan kontrol kualitas dalam proses produksi, pelatihan pengemasan produk, pelatihan perancangan materi promosi, dan pelatihan pemasaran produk. Hasilnya adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan para peserta mengenai SOP proses produksi, menciptakan produk dan kemasan yang menarik, merancang materi promosi yang efektif, dan menjalankan digital marketing untuk memasarkan produk. Pendampingan lanjutan dari kegiatan pengabdian ini sangat direkomendasikan untuk kegiatan pengabdian selanjutnya.References
Hartana, H. (2022). pengembangan UMKM di masa pandemi melalui optimalisasi teknologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 3(2), 50-64.
Kaplan. A.M. and Haenlein. M. (2010). “Users of the world. unite! The challenges and opportunities of social mediaâ€. Business Horizons. Vol. 53 No. 1. pp. 59-68.
Kristanto. T.. Muliawati. E. C.. Arief. R.. & Hidayat. S. (2018). Peningkatan kualitas produksi UKM percetakan di Karangpilang Surabaya Dan Krian Sidoarjo. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1). pp: 33–38.
Kristanto. T.. Rahmawati. D.. Nurdin. A.. Putro. F. W.. Wicaksono. A. Y.. Sholik. M.. Metahelgia. Pratiwi. S. R.. & Sholeh. L. (2019). Pelatihan keterampilan web design bagi siswa SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2). pp: 153–160.
Kristanto. T.. Rozi. N. F.. Muliawati. E. C.. Arief. R.. & Sadiyah. H. (2020). Pelatihan peningkatan omset pendapatan industri rumahan nasi krawu di Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. 3(1). pp: 25–31.
Kristanto. T. dkk. (2020). Pelatihan dan pendampingan pemasaran online produk nasi tiwul di masa pandemi covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri.
Sari, Cut Devi Maulida, and Rusma Setiyana. 2020. “Sosialisasi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).†Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1):63. doi: 10.35308/baktiku.v2i1.2050.
Muntinga. D.G.. Moorman. M. and Smit. E.G. (2011). “Introducing COBRAs: exploring motivations for brand-related social media useâ€. International Journal of Advertising. Vol. 30 No. 1. pp. 13-46.
Jamiat, N., & Supyansuri, C. (2020). Pemanfaatan digital marketing pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. ATRABIS: Jurnal Administrasi. 6(1).
Official Website Desa Donoharjo. web official Donoharjo. 2022. https://desadonoharjo.com/
Sasongko, et al. (2021). Pengembangan pemasaran UMKM Asih di Kabupaten Magelang dengan memanfaatkan digital marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. 7(1).
Setiawati. I.. & Widyartati. P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran. 20. pp: 1–5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Hayinajournal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Hayina journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.