Pengembangan pemasaran digital pada badan usaha milik desa (BUMDES) Sri Taman Rejeki

Penulis

  • Yunita Anggarini Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta, Indonesia
  • Diah Astrini Amir Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.2982

Kata Kunci:

badan usaha milik desa, pemasaran digital, Kalurahan Donoharjo, sri taman rejeki

Abstrak

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki fungsi strategis dalam mendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat Kalurahan Donoharjo. Pendirian BUMDes dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi Kalurahan Donoharjo. BUMDes Sri Taman Rejeki merupakan inisiasi dari Kalurahan Donoharjo bersama masyarakat, untuk mengembangkan produksi olahan buah pepaya, seperti abon, manisan, dan stik pepaya. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam penggunaan media digital untuk memasarkan produk. Untuk mengembangkan produksi, pihak pengelola mengalami masalah utama terkait produksi dan pemasaran. Permasalahan utama meliputi produk belum terstandar, kemasan produk yang belum terstandar dan menarik, materi promosi masih tradisional, dan metode pemasaran yang masih konvensional. Melalui pelaksanaan pelatihan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta pelatihan dalam menjalankan proses produksi dan pemasaran yang efektif. Kegiatan pelaksanaan melalui enam tahap, yaitu pelaksanaan FGD dengan mitra, pembuatan modul pelatihan, pelatihan kontrol kualitas dalam proses produksi, pelatihan pengemasan produk, pelatihan perancangan materi promosi, dan pelatihan pemasaran produk. Hasilnya adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan para peserta mengenai SOP proses produksi, menciptakan produk dan kemasan yang menarik, merancang materi promosi yang efektif, dan menjalankan digital marketing untuk memasarkan produk. Pendampingan lanjutan dari kegiatan pengabdian ini sangat direkomendasikan untuk kegiatan pengabdian selanjutnya.

Referensi

Hartana, H. (2022). pengembangan UMKM di masa pandemi melalui optimalisasi teknologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 3(2), 50-64.

Kaplan. A.M. and Haenlein. M. (2010). “Users of the world. unite! The challenges and opportunities of social mediaâ€. Business Horizons. Vol. 53 No. 1. pp. 59-68.

Kristanto. T.. Muliawati. E. C.. Arief. R.. & Hidayat. S. (2018). Peningkatan kualitas produksi UKM percetakan di Karangpilang Surabaya Dan Krian Sidoarjo. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1). pp: 33–38.

Kristanto. T.. Rahmawati. D.. Nurdin. A.. Putro. F. W.. Wicaksono. A. Y.. Sholik. M.. Metahelgia. Pratiwi. S. R.. & Sholeh. L. (2019). Pelatihan keterampilan web design bagi siswa SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2). pp: 153–160.

Kristanto. T.. Rozi. N. F.. Muliawati. E. C.. Arief. R.. & Sadiyah. H. (2020). Pelatihan peningkatan omset pendapatan industri rumahan nasi krawu di Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. 3(1). pp: 25–31.

Kristanto. T. dkk. (2020). Pelatihan dan pendampingan pemasaran online produk nasi tiwul di masa pandemi covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri.

Sari, Cut Devi Maulida, and Rusma Setiyana. 2020. “Sosialisasi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).†Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1):63. doi: 10.35308/baktiku.v2i1.2050.

Muntinga. D.G.. Moorman. M. and Smit. E.G. (2011). “Introducing COBRAs: exploring motivations for brand-related social media useâ€. International Journal of Advertising. Vol. 30 No. 1. pp. 13-46.

Jamiat, N., & Supyansuri, C. (2020). Pemanfaatan digital marketing pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. ATRABIS: Jurnal Administrasi. 6(1).

Official Website Desa Donoharjo. web official Donoharjo. 2022. https://desadonoharjo.com/

Sasongko, et al. (2021). Pengembangan pemasaran UMKM Asih di Kabupaten Magelang dengan memanfaatkan digital marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. 7(1).

Setiawati. I.. & Widyartati. P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran. 20. pp: 1–5.

Diterbitkan

2023-04-24

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check