Edukasi isi piringku dan pelatihan penyusunan menu gizi seimbang dalam peningkatan konsumsi sayur buah
DOI:
https://doi.org/10.31101/hayina.3266Has been read 30 times
Abstract
Laporan riset kesehatan dasar nasional tahun 2018 menunjukkan masih tingginya proporsi rerata nasional perilaku konsumsi kurang buah dan atau sayur pada penduduk di Indonesia. Kekurangan konsumsi sayur dan buah dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan berkaitan dengan meningkatnya risiko terjadinya penyakit tidak menular. Salah satu upaya preventif dan promotif adalah melakukan edukasi menggunakan media visual Gizi Seimbang pada guru, karena guru dapat berperan sebagai pendidik, fasilitator, motivator dan role model bagi siswanya. Sasaran utama kegiatan ini adalah siswa dan guru sebagai ujung tombak untuk memberikan pelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah sasaran mampu memahami tentang konsep isi piringku dan terampil menyusun menu gizi seimbang sebagai upaya peningkatan konsumsi sayur dan buah di Kota Tasikmalaya. Kegiatan ini berlangsung dari bulan Juli sampai Oktober 2022 pada sasaran 10 orang guru di Kota Tasikmalaya. Kegiatan edukasi isi piringku menggunakan media buku Isi Piringku Bergizi Seimbang dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi di kelas untuk pemahaman materi, sedangkan pelatihan penyusunan menu gizi seimbang dengan metode demo di Laboratorium Gizi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya untuk aplikasi materi penyusunan menu gizi seimbang yang langsung dapat dipraktikan oleh peserta didampingi tim pengabdi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi isi piringku, serta adanya peningkatan keterampilan penyusunan menu gizi seimbang pada guru di Kota Tasikmalaya. Perlunya keberlanjutan dan perluasan jangkauan sasaran guru serta komitmen untuk transfer of knowledge kepada peserta didik dan orangtua peserta didik.
Downloads
Published
2023-10-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Irma Nuraeni, R. Agus Bachtiar , Deris Aprianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Hayinajournal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Hayina journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.