Pkm Bakti Sekolah melalui pendampingan pengelolaan sekolah sehat untuk era new normal di TK ABA, Salamrejo 1, Sentolo

Penulis

  • Hapsari Wahyuningsih Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Bimantara Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.2312

Kata Kunci:

era new normal, pengelolaan sekolah, sekolah sehat

Abstrak

Sekolah sehat ditandai dengan situasi sekolah yang bersih, indah, tertib, menjunjung tinggi nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejah­teraan lahir dan batin setiap warga sekolah. Sekolah sehat memung­kinkan setiap warganya dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna untuk sekolah  dan lingkungan di luar sekolah. Kondisi sekolah Taman Kanan-Kanak (TK) ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Salamrejo, Kecamatan Sentolo belum sepenuhnya memenuhi kriteria tersebut diatas, sehingga aktivitas belajar belum terwadahi secara optimal. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan wawasan tentang pentingnya sekolah sehat dari fisik bangunan serta perilaku pengguna seluruh warga sekolah sekaligus sarana prasarana pendukung dalam menghadapi era New Normal. Kegiatan ini dilakukan melalui tahap pemberian edukasi kepada mitra mengenai sekolah sehat dan kesiapan  dalam menghadapi era New Normal serta tahap memberikan kelengkapan sarana dan prasarana di tengah pandemic Covid 19 juga edukasi kepada warga sekolah untuk selalu senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat adalah:1) Edukasi Sekolah Sehat dan penerapan Protokol Kesehatan di lingkungan sekolah, 2) Pembagian 100 pack Healthy Kit dan 3) Penyampaian instalasi Portable Sanitizer sebanyak 2 unit, sehingga diharapkan mampu mendukung terwujudnya sekolah sehat terutama dalam kondisi pandemic Covid-19. 

Referensi

Africia , F., Prahara, D., & Susanti , D. (2021). EdukasiI Perilaku Hidup Sehat dan Bersih Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru. KREANOVA Jurnal Kreativitas dan Inovasi, 15-18.

Anhusadar, L., & Islamiyah. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 463-475.

Arifin, D. (2020). Presiden Tetapkan Covid-19 Sebagai Bencana Nasional . BNPB.

Bur, N., & Septiyanti. (2020). Menuju Sekolah Sehat Melalui Usaha Kesehatan Sekolah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-6.

covid19.go.id. (2020). Satuan gugus tugas percepetan penanganan Covid-19, RI. Penyebaran Covid-19 di Indonesia .

Gani, R. (2020). Teori Belajar Behavioristik. Retrieved from Tubagus: https://www.academia.edu/24493799/TEORI_BELAJAR_BEHAVIORISTIK_TUBAGUS.

Indonesia, A. B. (2020). 6 Pedoman Menuju New Normal dari WHO. Retrieved from https://news.okezone.com/read/2020/05/20/18/2216813/6-pedoman-menuju-new-normal-dari-who.

ismanto , b., sulasmono, b. s., & zubaidah, s. (2017). EVALUASI PROGRAM SEKOLAH SEHAT DI SEKOLAH DASAR. Jurn al Ma naj emen P end id ik a n, 72-82.

Musriadi. (2012). Usaha-usaha Pengelolaan Kesehatan Lingkungan Sekolah di SMP N 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar . Jurnal Biology Education, 1-13.

Putsanra, D. (2020). Arti New Normal Indonesia : Tatanan Baru Beradaptasi dengan COVID-19. Retrieved from https://tirto.id/arti-new-normal-indonesia-tatananbaru- beradaptasi-dengan-covid-19-fDB3.

Siti Zubaidah; Bambang Ismanto; Bambang Suteng Sulasmono. (2017). Evaluasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 72-82.

Wahyuningsih, C. D. (2020). Kenormalan Baru dan Perubahan Sosial dalam Perspektif Sosilogi. Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang, 104-122.

Widyaningrum, G. (2020). WHO Tetapkan Covid-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya? Retrieved from NAtional Geographic Indonesia .

Diterbitkan

2022-02-04

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check