Manajemen pelayanan ambulans Muhammadiyah di tim pelayanan ambulans Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.3058

Kata Kunci:

Manajemen, Ambulans, Muhammadiyah

Abstrak

COVID-19 yang terjadi diseluruh dunia menjadi gambaran, bagaimana manusia mengelola bencana. Salah satunya adalah organisasi Muhammadiyah. Muhammadiyah mendirikan Muhammadiyah COVID Command Center (MCCC) sebagai wadah mengatasi COVID di Indonesia. Salah satu layanan MCCC adalah pemakaman jenazah COVID-19. Ribuan jenazah COVID dimakamkan oleh MCCC. Salah satu komponen dari pemakaman adalah Ambulan, sebagai kendaraan untuk membawa jenazah COVID. Ambulans Muhammadiyah adalah layanan yang sudah ada sebelum COVID-19 muncul. Sebelum COVID-19, Ambulans Muhammadiyah adalah layanan antar jemput pasien dan jenazah.  Pengabdian Masyarakat ini membahas berkaitan dengan Manajemen Pelayanan Ambulans Muhammadiyah, berkaitan dengan struktur pengurus hingga standarisasi pelayanan Ambulans Muhammadiyah. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat agar Ambulans Muhammadiyah lebih tertata dalam pengelolaannya. Metode kegiatan ini adalah observasi dan identifikasi masalah mitra, memberikan solusi kepada mitra, pembuatan Buku Panduan Manajemen Ambulans, workshop dan sosialisasi. Hasil dari pengabdian ini adalah terbitnya Buku Panduan Manajemen Ambulans Muhammadiyah yang dipakai di DIY.

Biografi Penulis

Iwan Setiawan Setiawan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Ilmu Keperawatan

Referensi

Agus Kusnadi. (2020). Muhammadiyah Membangun Kesehatan Bangsa. In Majelis Pelayanan Kesehatan Umum.

Andini, M. R., Arso, S. P., & Kusumastuti, W. (2020). Analisis Pelaksanaan Program Ambulan Siaga Kota Semarang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8, 15–21.

Anggarini, I. G. A. A., & Darma, G. S. (2021). Peran Ambulance Gawat Darurat “Kring Sehat†Dalam Manajemen Kesehatan. Bali Health Journal, 5(1), 14–26.

Baidhawy, Z. (2002). Ambivalensi Agama Konflik dan Nirkekerasan. LESFI.

Hilman, Y. A. (2018). Disaster Management Concept of Muhammadiyah Disaster Management Centre in Ponorogo, Indonesia. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(1), 65. https://doi.org/10.26618/ojip.v8i1.807

Humaidi, N., Darmayanti, R., & Sugianto, R. (2022). Challenges of Muhammadiyah’s Contribution in Handling Covid-19 in The MCCC Program in Indonesia. Khazanah Sosial, 4(1), 176–186. https://doi.org/10.15575/ks.v4i1.17201

Puspita, S., Prakoso, D. A., & Aziz, R. Y. (2022). Peningkatan Keterampilan Petugas Ambulanmu Di Era Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 49. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7351

Qodir, Z., Jubba, H., Mutiarin, D., & Hidayati, M. (2021). Muhammadiyah identity and muslim public good: Muslim practices in Java. International Journal of Islamic Thought, 19(1), 133–146. https://doi.org/10.24035/IJIT.19.2021.203

Qodir, Z., & Nashir, H. (2019). Islamity, Humanity, Indonesianity, and Culture: A Comparative Study on Ahmad Syafii Maarif, Nurcholis Madjid, and Abdurrahman Wahid. Afkaruna, 15(2). https://doi.org/10.18196/aiijis.2019.0104.226-253

Sijintak, N. M. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI EMERGENCY CALL AMBULANCE DENGAN MENGGUNAKAN AGILE METHODS. 1(April), 43–48.

Suwandi, G. F., Bashori, K., & Diah Sari, E. Y. (2022). Work Engagement Pengemudi Layanan Ambulans Muhammadiyah dalam Masa Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 7(1), 81. https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i1.6564

Syarifuddin, S., Umar, U., Sukrin, S., Ihlas, I., & Ruslan, R. (2022). Strategi Muhammadiyah Disaster Manajement Center (MDMC) dalam Penanggulangan Bencana Banjir Kabupaten Bima pada Bulan April Tahun 2021. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 29–39. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.120

Tim Ambulans Muhammadiyah DIY. (2022). Managemen Ambulans Muhammaadiyah. In PWM DIY (Vol. 5, Issue 3).

Diterbitkan

2023-04-22

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check