Edukasi pencegahan tindak perundungan (bullying) pada siswa sekolah dasar

Penulis

  • Anisa Dwi Makrufi UMY, Indonesia
  • Novia Fetri Aliza UMY, Indonesia
  • Heriyanti Tahang UM Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.3278

Kata Kunci:

psychological impact, bullying, the role of technology, elementary school students

Abstrak

Penggunaan kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang secara verbal, fisik, atau psikologis dikenal sebagai perundungan. Perundungan sendiri dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental dan fisik. Kasus perundungan atau juga kerap disebut dengan bullying yang terjadi di kalangan pelajar, tentu menjadi tugas utama bagi pendidik di sekolah bekerjasama dengan orang tua di rumah. Kasus perundungan pada lembaga Pendidikan tidak terkecuali terjadi pada sekolah dasar di Kapanewon Turi Kabupaten Sleman, salah satunya di SD Muhammadiyah Dadapan. Fokus pelatihan pada program pengabdian masyarakat (PPM) ini adalah pada peningkatan wawasan terkait perundungan, mulai dari definisi, dampak, dan upaya pencegahannya. Adapun metode yang dilakukan yaitu: 1) mengadakan koordinasi, sosialisasi, dan FGD dengan mitra; 2) workshop terkait upaya pencegahan tindakan perundungan di lingkungan sekolah sekaligus pengenalan akan perundungan dan dampaknya kepada siswa melalui metode berkisah; 3) pendampingan dalam pelaksanaan program menggunakan pendekatan community development partisipatif; 4) difusi Ipteks dengan model sosial training berbasis teknologi; serta 5) monitoring dan evaluasi program. Hasil dari PPM ini ialah: a) adanya komunikasi secara terbuka antara wali siswa dan pihak sekolah untuk bersama-sama mengantisipasi tindak perundungan antar siswa di lingkungan sekolah; b) pihak sekolah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menekan jumlah perilaku perundungan dengan mulai menyusun prosedur alur penanganan dan pencegahan perundungan di lingkungan sekolah; c) edukasi lanjutan terkait pendampingan penggunaan gadget secara bijak bagi orang tua terhadap anak; d) inisiasi program kerjasama dengan psikolog puskesmas untuk mengantisipasi tindak perundungan di masa yang akan datang. Kegiatan PPM ini menuai respon positif dari para penerima edukasi, baik siswa, guru, maupun orang tua.

Referensi

Adhinata, B., & Sawitri, Y. (2021). Pembinaan Remaja Anti Perundungan pada Siswa Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Tabanan. www.ejournal.warmadewa.ac.id. https://doi.org/10.22225/csj.4.1.2021.124-133

Ahmad, N. (2021). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Ahmad | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1062

Dapodik Kemendikbudristek. 2022. Data Pokok Pendidikan SD Muhammadiyah Dadapan.

(https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/ED7B3013308EA53936F7).

Jelita, N. S. D., Purnamasari, I., & Basyar, M. a. K. (2021). Dampak bullying terhadap kepercayaan diri anak. Refleksi Edukatika, 11(2), 232–240. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5530

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. (2014).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 2021. STOP Perundungan/ Bullying Yuk! [Online]. Available: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/uks/20210308%20Buku%20Saku-Stop%20Bullying.pdf

KPAI R.N., 2021. Data Kasus Perlindungan Anak 2016-2020. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020.

Maulida, H., Darmiany, D., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Analisis Dampak Perilaku Verbal Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di SDN 20 Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1861–1868. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.856

Muluk, S., Habiburrahim, H., Dahliana, S., & Akmal, S. (2021). The impact of bullying on EFL students’ academic achievement at state Islamic universities in Indonesia. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 8(2), 120-137. doi:http://dx.doi.org/10.22373/ej.v8i2.8996

Musslifah, A. R., Cahyani, R. R., Rifayani, H., & Hastuti, I. B. (2021). Peran pola asuh orang tua terhadap perilaku agresif pada anak. Jurnal Talenta Psikologi. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/759

Noorani. 2018. Tips Untuk Guru dalam Menangani Perundungan (Bullying) https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/tips-untuk-guru-mengatasi-bullying

Nurmalia, L., Nisa, B., Safitri, M., & Dwigustini, R. (2021). Type, Cause, And Effect Of Bullying In A Girl Like Her Movie. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), 5(3), 247–251. https://doi.org/10.33751/jhss.v5i3.3995

Oeliestina (2022). “Perundungan Dan Kesejahteraan Anak.” Jamberita.Com. July 25, 2022.

Rachmawati, “Kasus ‘Perundungan’ yang Tewaskan Siswa SD di Tasikmalaya, KPAI Menduga Pelaku Terpapar Konten Pornografi,” Kompas.com, Jul. 24, 2022.

Voth, D. E., & Brewster, M. L. (2019). Community development. In Routledge eBooks (pp. 169–180). https://doi.org/10.4324/9780429042539-10

Widianti, W. (2019). Mengenal Perilaku Bullying di Sekolah. Islamic Counseling, 3(1), 55. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i1.801

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352

Diterbitkan

2023-10-25

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check