Pendampingan akselerasi pembelajaran kewirausahaan berbasis outcome based education pada guru SMK Mamba’ul Ihsan Gresik
DOI:
https://doi.org/10.31101/hayina.3280Kata Kunci:
kualitas pembelajaran, pelatihan, pendampingan, wirausaha mandirAbstrak
Referensi
Dwijo Sutomo, A., Legowo, B., Murwaningsih, T., Sri, A., Nugraheni, C., Kusharjanta, B., Suwandi, S., Rahardjo, S. S., & Marmoah, S. (2022). Pendampingan Pengembangan Pendidikan Berbasis Outcome fakultas Teknik Univet Bantara Oleh LPPMP Universitas SebelasMaret. Seminar Nasional Kepada Masyarakat SENADIBA II 2022.
Khusna, A. H., & Dintarini, M. (2021). Pendampingan dan pelatihan desain grafis untuk kewirausahaan bagi siswa SMK Muhammadiyah 9 Wagir. 3Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat). https://doi.org/10.36339/je.v5i1.385
Kusstianti, N., Dwiyanti, S., & Usodoningtyas, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tata Rias Berbasis Outcome Based Education (OBE). Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(2), 1–9. https://doi.org/10.26740/jvte.v4n2.p1-9
Maftuhah, R., & Suratman, B. (2017). Pengaruh efikasi diri, lingkungan keluarga, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p121-131
Marsono, S., Sulistyani, L., & Lathifah, I. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mewujudkan Kemandirian Ekonomi bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI di Surakarta. Wasana Nyata, 4(2), 131–136. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i2.748
Rachmawati, M., Aziz, A., Fauzi, I., Purwanti, R., & Pandansari, P. (2023). Kewirausahaan Di Era Globalisasi: Dropshiper SMK Bhakti Nusantara Salatiga.Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat),3(1), 60–63. Diambil dari https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/389
Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. Journal of Science and Education (JSE), 1(1), 32–40. https://doi.org/10.56003/jse.v1i1.11
Rohaili, J., Setiadi, D., & Kusmiyati, K. (2021). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Model Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Outcome Based Education (OBE) Melalui Penggunaan Media Online Terhadap Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 157–162. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2379
Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Pembelajaran Tamadun Melayu Jambi Berbasis Outcome-Based Education (OBE) Berorientasi Produk Kreatif. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 359–376. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.284
Sandroto, C. W. (2022). Pelatihan Kewirausahaan: Peluang Usaha. Jurnal Pengabdian Masyarakat MARTABE, 5(2), 770–779. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i2.770-779
Setiaji, K., Mulyono, K. B., & Feriady, M. (2018). Pengembangan Kualitas Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Bagi Guru Smk Dan Sma Jawa Tengah. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 270. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm
Sufyati, S., & Awaludin, D. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan rancangan usaha (bussiness plan) pada siswa SMK Nusantara Tangerang Selatan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 87. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p87-94
Suryandari, D., Hidayah, R., Sukirman, Baroroh, N., & Hajawijah, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Implementasi, 1(1), 65–70.
Tahirs, J. P., & Rambulangi, A. C. (2020). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa SMK. Communnity Development Journal, 1(2), 125–129.
Usman Rianse et,al (2012). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi,Bandung: Alfabeta
Zahara, R., Hardhiana, R., & Ananda Sritumini, B. (2018). Pendampingan pada Guru Kewirausahaan dengan Business Plan di SMK Bina Warga Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran EDUCARE, 16(2), 17–21.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 supriyati supriyati, Ronny Ronny, Yudha Herlambang Cahya Pratama
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Hayinajournal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Hayina journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.