Pendampingan akselerasi pembelajaran kewirausahaan berbasis outcome based education pada guru SMK Mamba’ul Ihsan Gresik

Penulis

  • Supriyati Supriyati Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Indonesia
  • Ronny Ronny Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya, Indonesia
  • Yudha Herlambang Cahya Pratama Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/hayina.3280

Kata Kunci:

kualitas pembelajaran, pelatihan, pendampingan, wirausaha mandir

Abstrak

Perubahan capaian pembelajaran siswa SMK yang bermula menjadikan lulusan siap bekerja pada industri sekarang diarahkan kepada menghasilkan lulusan berwirausaha. Hal ini tentunya berdampak dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewirausahaan di SMK Mamba’ul Ihsan. Proses pembelajaran Pendidikan Kewirausahaan yang berlaku saat ini dapat dikatakan belum mendukung capaian visi misi sekolah sehingga rekonstruksi pembelajaran berbasis Outcome Based Education (OBE) perlu dilakukan. Akselerasi proses pembelajaran diharapkan mampu meningkatan kualitas pembelajaran dan mampu meningkatkan output dan outcome pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah membantu melakukan akselerasi proses pembelajaran Pendidikan Kewirausahaan, memberikan pemahaman tentang OBE, membantu merancangkan Rencana Pembelajaran Pendidikan (RPP) mata pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. Rencana kegiatan yang telah dilakukan guna mencapai tujuan kegiatan diwujudkan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pada guru mata pelajaran Pendidikan Kewirausahaan yakni pelatihan penulisan buku ajar, penulisan pengembangan RPP. Rancangan RPP direncanakan dapat diimplementasikan pada semester berikutnya. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa adanya keinginan kuat para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengarahkan proses pembelajaran berbasis OBE. Didukung pula dengan partisipasi dan kontribusi sekolah melalui mengikutsertakan guru dalam berbagai pelatihan dan program sertifikasi untuk meningkatkan pengetahuan guru, serta mengembangkan jejaring kerjasama dengan mitra industri untuk menjamin keberlanjutan usaha siswa nantinya. Tantangan dalam pelaksanaan kegiatan adalah kemampuan untuk mengajak para guru SMK terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, sedangkan hambatan pencapaian tujuan adalah (1) keterbatasan kemampuan guru-guru, (2) kurangnya jejaring dengan mitra industri, (3) belum adanya program sertifikasi yang mendukung usaha siswa (ijin halal, diskes, dll), dan (4) keterbatasan pengetahuan sekolah tentang legalitas usaha.

Referensi

Dwijo Sutomo, A., Legowo, B., Murwaningsih, T., Sri, A., Nugraheni, C., Kusharjanta, B., Suwandi, S., Rahardjo, S. S., & Marmoah, S. (2022). Pendampingan Pengembangan Pendidikan Berbasis Outcome fakultas Teknik Univet Bantara Oleh LPPMP Universitas SebelasMaret. Seminar Nasional Kepada Masyarakat SENADIBA II 2022.

Khusna, A. H., & Dintarini, M. (2021). Pendampingan dan pelatihan desain grafis untuk kewirausahaan bagi siswa SMK Muhammadiyah 9 Wagir. 3Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat). https://doi.org/10.36339/je.v5i1.385

Kusstianti, N., Dwiyanti, S., & Usodoningtyas, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tata Rias Berbasis Outcome Based Education (OBE). Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(2), 1–9. https://doi.org/10.26740/jvte.v4n2.p1-9

Maftuhah, R., & Suratman, B. (2017). Pengaruh efikasi diri, lingkungan keluarga, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p121-131

Marsono, S., Sulistyani, L., & Lathifah, I. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mewujudkan Kemandirian Ekonomi bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI di Surakarta. Wasana Nyata, 4(2), 131–136. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i2.748

Rachmawati, M., Aziz, A., Fauzi, I., Purwanti, R., & Pandansari, P. (2023). Kewirausahaan Di Era Globalisasi: Dropshiper SMK Bhakti Nusantara Salatiga.Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat),3(1), 60–63. Diambil dari https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/389

Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. Journal of Science and Education (JSE), 1(1), 32–40. https://doi.org/10.56003/jse.v1i1.11

Rohaili, J., Setiadi, D., & Kusmiyati, K. (2021). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Model Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Outcome Based Education (OBE) Melalui Penggunaan Media Online Terhadap Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 157–162. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2379

Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Pembelajaran Tamadun Melayu Jambi Berbasis Outcome-Based Education (OBE) Berorientasi Produk Kreatif. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 359–376. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i2.284

Sandroto, C. W. (2022). Pelatihan Kewirausahaan: Peluang Usaha. Jurnal Pengabdian Masyarakat MARTABE, 5(2), 770–779. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i2.770-779

Setiaji, K., Mulyono, K. B., & Feriady, M. (2018). Pengembangan Kualitas Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Bagi Guru Smk Dan Sma Jawa Tengah. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 270. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm

Sufyati, S., & Awaludin, D. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan rancangan usaha (bussiness plan) pada siswa SMK Nusantara Tangerang Selatan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 87. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p87-94

Suryandari, D., Hidayah, R., Sukirman, Baroroh, N., & Hajawijah, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Implementasi, 1(1), 65–70.

Tahirs, J. P., & Rambulangi, A. C. (2020). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa SMK. Communnity Development Journal, 1(2), 125–129.

Usman Rianse et,al (2012). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi,Bandung: Alfabeta

Zahara, R., Hardhiana, R., & Ananda Sritumini, B. (2018). Pendampingan pada Guru Kewirausahaan dengan Business Plan di SMK Bina Warga Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran EDUCARE, 16(2), 17–21.

Diterbitkan

2023-10-25

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check