PERANCANGAN KANTOR “B’LINE DESAIN” DENGAN KONSEP MODERN MINIMALIS DI GODEAN, SLEMAN

Authors

  • Pipiet Arini Putri
  • Indah Pujiyanti Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jas.v1i2.1176
Abstract views 1116 times

Abstract

B’line Desain†merupakan perusahaan yang bergerak dibidang desain, pelaksana dan properti (interior dan eksteriror). Kantor nya yang berada di Godean saat ini sedang dalam tahap renovasi. Pemilik kantor berencana melakukan penambahan lahan yang akan digunakan sebagai area workshop dan melakukan penyelesaian fasad. Desain pada kantor ini diharapkan dapat memberikan kesan nyaman bagi pengguna dari segi penempatan furniture yang diperhatikan atau disesuaikan dengan luasan bangunan eksisting sehingga tidak menyulitkan akses pergerakan para pengguna, serta memiliki estetika dengan menyeimbangkan desain fasad bagian eksterior dan interior. Pengumpulan data terkait desain bangunan dikumpulkan melalui data primer yaitu observasi, dokumentasi serta pengukuran dan data sekunder berasal dari literatur dimana data dapat berupa jurnal atau buku terkait perancangan. Penyelesaian desain bangunan menggunakan konsep modern minimalis menyesuaikan karakter dari klien. Konsep tersebut dapat dilihat dari penerapan penggunaan warna putih pada bangunan yang dapat memberikan kesan tertentu pada ruangan maupun perabot, serta pendimensian perabot termasuk dalam faktor yang mempengaruhi kenyamanan fisik karyawan dan desain ini diharapkan dapat mendukung aktivitas yang ada di dalam bangunan. Selain itu, konsep ini merupakan konsep yang paling sesuai dari segi desain yang simple serta fungsional, dimana konsep modern minimalis lebih mengutamakan fungsi dan efektifitas penggunaan sehingga berdampak pada desainnya yang hampir atau bahkan tidak menggunakan ornamen hiasan.

References

D.K. Ching, Francis. 2000. Arsitektur, bentuk, ruang, dan susunan. Jakarta. Erlangga.

Hasan, Mohammad. 2009 . Skripsi ; Hubungan Tata Ruang Antara Persepsi Tentang Tata Ruang Kerja Dengan Kepuasan Kerja Karyawan di Instansi Pemkot Kediri. Universitas Negeri Malang.

Kantor (Def.1).(n.d). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/kantor, 30 November 2019.

Long, Kim. (2004). User Effective Buildings. Denver: Aardex Coorporation.

Panero, Julius. 1979. Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta : Erlangga.

Perancangan Suasana Hangat pada Interior Hunian Modern (Hedy C. Indrani) Jurusan Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain – Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/journals/interior/ 163

SP, Tunjung Atmadi (2018). Kajian Desain Interior Kantor PT. Pupuk Sriwidjaja dengan Konsep Modern Minimalis. Narada, Jurnal Desain & Seni, FDSK – UMB hal 307.

Yunida & Kartiningsih, Tri (2017). Perancangan Interior Martha Tilaar Salon Day Spa (Konsep Modern Heritage). Narada 4(1), 97-102.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Putri, P. A., & Pujiyanti, I. (2020). PERANCANGAN KANTOR “B’LINE DESAIN” DENGAN KONSEP MODERN MINIMALIS DI GODEAN, SLEMAN. JAS: Journal of Architecture Students, 1(2), 82–94. https://doi.org/10.31101/jas.v1i2.1176

Issue

Section

Articles

SHARE THIS