Pengaruh edukasi seksual terhadap perilaku seks pranikah pada generasi milenial

Authors

  • Wellina BR Sebayang Universitas Imelda Medan, Jalan Bilal Ujung No.52, Pulo Brayan Darat I, Medan, Sumatera Utara 20239
  • Griselli Saragih Universitas Imelda Medan, Jalan Bilal Ujung No.52, Pulo Brayan Darat I, Medan, Sumatera Utara 20239

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.1038
Abstract views 2435 times

Keywords:

edukasi seksual, seks pranikah, generasi milenial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi seksual terhadap perilaku seks pranikah pada generasi milenial. Metode penelitian menggunakan quasi-experimental one group pretest-posttest design, lokasi di SMK Imelda Medan, total sampel 180 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden berisiko melakukan hubungan seks pranikah mengalami penurunan dari 87 (48,3%) menjadi 42 orang (23,3%). Hasil analisis statistik uji T didapat edukasi seksual mempunyai pengaruh terhadap perilaku seks pranikah pada generasi milenial (p=0,01; p<0,05). Saran penelitian selanjutnya dengan desain yang berbeda.

References

Admasari. (2013). Hubungan pengetahuan dengan perilaku seks pranikah pada remaja kelas XI di UPTD Negeri 1 Guruh Kabupaten Kediri tahun 2013.

BKKBN. (2012). Pedoman pengelolaan pusat informasi dan konseling remaja dan mahasiswa (PIK R/M). Jakarta: BKKBN.

Depkes. (2012). Modul kesehatan reproduksi remaja. Jakarta: Depkes.

Donggori, Indriana, & Ratna. (2012). Hubungan akses media dengan pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja. Karya Tulis Ilmiah. Semarang: Fakultas Kedokteran UNDIP.

Feriyani. (2013). Perilaku seksual pranikah ditinjau dari intensitas cinta dan sikap terhadap pornografi pada dewasa awal. Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Hastuti, E. (2018). Perbedaan bentuk perilaku seksual remaja laki-laki dengan lawan jenis di sekolah homogen dan heterogen. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Irmawati, L. (2013). Perilaku seksual pranikah pada mahasiswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9 (1).

Kusumastuti, W. (2017). Pengaruh metode psikoedukasi terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja putri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (2).

Mahmudah, Yaunin, Y., & Lestari, Y. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual remaja di Kota Padang,

(http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article/view/538).

Nasria. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi di SMA Negeri 1 Mojogedang. Tesis. Semarang: Fakultas Kesehatan Universitas Diponegoro.

Nurhasto, I. Y., Handayani, S., & Wahyuningrum, D. (2009). Pengaruh penyuluhan tentang bahaya seks bebas terhadap sikap remaja dalam seks bebas di SMS N I Wedi Klaten. Jurnal Kesehatan.

Prasetyo. (2012). Hubungan perilaku berisiko kesehatan terhadap kecenderungan melakukan hubungan seksual pranikah di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Soetjiningsih. (2009). Remaja Usia 15 – 18 tahun banyak lakukan Perilaku Seksual Pranikah, (http: // ugm.ac.id/.../551/-dr.soetjininingsih).

Downloads

Published

2020-03-28

Issue

Section

Articles

SHARE THIS