Analisis perilaku agresif pada remaja di sekolah menengah pertama

Authors

  • Endang Mei Yunalia Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Kadiri, Kediri
  • Arif Nurma Nurma Etika Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Kadiri, Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.1358
Abstract views 2908 times

Keywords:

perilaku agresif remaja, sekolah menengah pertama

Abstract

Perilaku agresif adalah perilaku yang bertujuan untuk mendominasi atau merusak benda ataupun orang secara fisik ataupun verbal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perilaku agresif remaja sekolah menengah pertama. Penelitian deskriptif kuantatif dengan sampel penelitian 147 responden diperoleh dengan tekhnik total sampling. Analisis univariat digunakan untuk mendeskripsikan perilaku agresif berdasarkan instrumen BPAQ. Hasil penelitian menunjukkan separuh dari responden berada pada kategori perilaku agresif rendah (68 responden atau 46,3%). Tipe tertinggi perilaku agresif yaitu memberikan ancaman, agresif verbal berupa bertengkar mulut dan perilaku permusuhan berupa rasa curiga. Penelitian ini merekomendasikan, agar sekolah menengah pertama memiliki kebijakan perilaku agresif siswa.

References

Aloia, L. S., Worley, T., Aloia, L. S., & Worley, T. (2018). The Role of Family Verbal Aggression and Taking Conflict Personally in Romantic Relationship Complaint Avoidance The Role of Family Verbal Aggression and Taking Conflict Personally in Romantic Relationship Complaint Avoidance. Communication Studies, 1–18. https://doi.org/10.1080/10510974.2018.1524777

Arofa, I. Z., Hudaniah, & Zulfiana, U. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 06(01), 74–92.

Estévez, E., Jiménez, T. I., & Moreno, D. (2018). Aggressive behavior in adolescence as a predictor of personal , family , and school adjustment problems. Psicothema, 30(1), 66–73. https://doi.org/10.7334/psicothema2016.294

Fuadah, N. (2011). Gambaran Kenakalan Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Jurnal Psikologi, 9(1), 29–40.

Hidayat, H., Yusri, & Ilyas, A. (2013). Profil Siswa Agresif dan Peran Guru BK. Jurnal Ilmiah Konseling: Konselor, 2(November 2012), 7–10.

Hsiao, Y., Cheng, C., & Chiu, Y. (2019). Gender Network Dynamics in Prosocial and Aggressive Behavior of Early Adolescents. Social Networks, 58, 12–23. https://doi.org/10.1016/j.socnet.2019.01.002

Jatimprov. (2019). Evaluasi Hasil Pelaksanaan RKPD dan Capaian Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan, 1–467.

KPAI. (2016). Rincian Tabel Data Kasus Pengaduan Anak Berdasarkan Kluster Perlindungan Anak.

Lutfiani, D., Sri, & Setyawati, P. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Agresif Siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Ajaran 2017/ 2018. Simki-Pedagogia, 02(03).

Mcpherson, A., & Martin, C. R. (2010). A Contemporary Review of the Alcohol/ Aggression Relationship and the Buss-Perry Aggression Questionnaire for Use in an Alcohol Dependent Population. Journal of Aggression, Conflict and Peace Research, 2(1), 45–57.

Merdekasari, A., & Chaer, M. T. (2017). Perbedaan Perilaku Agresi antara Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan di SMPN 1 Kasreman Ngawi. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 3(1), 53–60.

Murray-Close, D., Ostrov, J. M., Nelson, D. A., Crick, N. R., & Coccaro, E. F. (2010). Proactive, Reactive, and Romantic Relational Aggression in Adulthood : Measurement, Predictive Validity, Gender Differences, and Association with Intermittent Explosive Disorder. Journal of Psychiatric Research, 44(6), 393–404. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2009.09.005

Nurhayani, I. M. (2017). Perbedaan Kecenderungan Perilaku Agresi ditinjau dari Harga Diri pada Mahasiswa.

Poling, D. V, Smith, S. W., Taylor, G. G., & Worth, M. (2019). Direct Verbal Aggression in School Settings: A Review of the Literature. Aggression and Violent Behavior. https://doi.org/10.1016/j.avb.2019.01.010

Saputra, W. nanda E., Hanifah, N., & Widagdo, D. N. (2017). Perbedaan Tingkat Perilaku Agresi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 142–147.

Shao, A., Liang, L., Yuan, C., & Bian, Y. (2014). A Latent Class Analysis of Bullies , Victims and Aggressive Victims in Chinese Adolescence : Relations with Social and School Adjustments. Plos One, 9(4). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0095290

Siswono, & Yuliansyah. (2016). Hubungan antara Confused Identity dengan Perilaku Agresif Remaja pada Siswa SMP NEgeri 22 Kelas VII Palembang. Jurnal Psikologi Islami, 2(1), 75–83.

Yunalia, E. M. (2017). Hubungan antara Konsep Diri dengan Penerimaan Perubahan Fisik Remaja Putri pada Masa Pubertas. Nursing Science Jurnal, 1, 30–36.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2019). Efektivitas Terapi Kelompok Assertiveness Training terhadap Kemampuan Komunikasi Asertif pada Remaja dengan Perilaku Agresif. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 229–236.

Downloads

Published

2020-03-28

Issue

Section

Articles

SHARE THIS