Pengetahuan dan Sikap Warga Sekolah Tentang Penanganan Pertama Cedera Siswa di SDN Blunyahrejo Yogyakarta

Authors

  • Armenia Diah Sari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Jalan Siliwangi No.63 Nogotirto Gamping Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 55292, Indonesia
  • Vita Purnamasari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Jalan Siliwangi No.63 Nogotirto Gamping Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 55292, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.1755

Keywords:

first aid, students, teacher, injury

Abstract

Cedera pada anak usia sekolah dapat dicegah jika semua warga sekolah baik siswa, guru dan staf lainnya memahami penanganan pertama cedera anak. Penelitian ini menggambarkan pengetahuan dan sikap warga sekolah tentang penanganan pertama cedera pada anak di SDN Blunyahrejo Yogyakarta. Penelitian survey deskriptif dengan desain cross-sectional. Jumlah sampel yaitu 69 siswa, 13 guru dan staf. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.  Hasil analisis yaitu pengetahuan siswa tentang penanganan cedera dengan kategori cukup baik (62,3%), sikap siswa dengan kategori sangat baik (52,2%) dan pengetahuan guru dan staf dengan kategori baik (61,5%), sikap guru dan staf dengan kategori baik (53,8%). 

References

Adib-Hajbaghery, Mohsen, and Z. Kamrava. (2019). Iranian Teachers’ Knowledge about First Aid in the School Environment. Chinese Journal of Traumatology - English Edition 22(4):240–45. doi: 10.1016/j.cjtee.2019.02.003.

Baharudin, Sri Anggraini. (2020). Pelatihan Child Safety Dalam Pencegahan Dan Penanganan Kecelakaan Pada Anak TK Aisyiyah Mamajang Makasar. Jurnal Aplikasi Ipteks (Bhakti Persada) 6(1):01–08.

Bujuri, Dian Andesta. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 9(1):37. doi: 10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Ernawati, Wayan. (2018). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas 5 Tentang Cederaolahraga, Pencegahan Dan Perawatan Cedera Di Sd Negeri Beji Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo.

Haryanto, Debi Dwi. (2017). Pengetahuan Tentang Cedera, Pencegahan Dan Perawatan Cedera Siswa Kelas Atas Sd N 2 Bugisan Prambanan Klaten Tahun 2016. Journal of Chemical Information and Modeling 110(9):1689–99.

Hastuti, Dwi. (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Antisipasi Cedera Dengan Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Usia Toddler Di Rw 01 Kelurahan Manggahang Wilayah Puskesmas Jelekong Kabupaten Bandung. Jurnal Keperawatan Komprehensif 3(1):52. doi: 10.33755/jkk.v3i1.85.

Herlianita, Risa, Chairul Huda Al Husna, Faqih Ruhyanudin, Indri Wahyuningsih, Zaqqi Ubaidillah, Ahmad Try Theovany, and Yunika Era

Pratiwi. (2020). Pengatuh Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Dan Praktik Pada Pertolongan Pertama Penanganan Luka Bakar. Holistik Jurnal Kesehatan 14(2):163–69.

Hermien Nugraheni, Sofwan Indarjo, dan Suhat. (2018). Buku Ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Kusmaningtias, Luluk. (2017). Sikap Siswa Kelas Atas Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SD Negeri 3 Penga.

Notoadmodjo, Soekidjo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Padrizal Lubis, Oswati Hasanah, Ari Pristiani Dewi. (2015). Gambaran Tingkat Risiko Cedera Pada Anak Usia Sekolah. JOM 2(2):1335–44.

Rahmanida, Nindya. (2016). Pengetahuan Dan Sikap Guru Tentang Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan Di Sekolah Dasar Wilayah Jatinnagor. Universitas Padjajaran.

Riskesdas. (2018). Salam Sehat ! Semoga Fakta Yang Disajikan Dalam Buku Ini , Bermanfaat Untuk Perbaikan Perencanaan Pembangunan Kesehatan. Laporan Riskesdas Nasional 2018 120.

Sharma, RajeshKumar, Atul Kumar, and Shobha Masih. (2014). Knowledge and Practice of Primary School Teachers about First Aid Management of Selected Minor Injuries among Children. International Journal of Medicine and Public Health 4(4):458. doi: 10.4103/2230-8598.144114.

Sminkey, L. (2008). World Report on Child Injury Prevention. Injury Prevention 14(1):69. doi: 10.1136/ip.2007.018143.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tirtawidi, Afnis. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Manajemen Stres Di Dukuh Tengah Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Repository Muhammadiyah University of Ponorogo.

Younis, Jaklein R., and Amal El-Abassy. (2015). Primary Teachers’ First Aid Management of Children’s School Day Accidents: Video-Assisted Teaching Method versus Lecture Method. Journal of Nursing Education and Practice 5(10):60–69. doi: 10.5430/jnep.v5n10p60.

Yuliana, Farida Juanita, Isni Lailatul Maghfiroh. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetauan Anak Tentang Resiko Terjadinya Cedera Di SDN 1 Baureno Bojonegoro Tahun 2019. Repository Umla.

Zakiya, Toyibatus. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Guru Dengan Perilaku Pertolongan Pertama Pada Cedera Di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama Di Kota Malang.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.