IMPLEMENTASI UNIVERSAL DESIGN PADA FASILITAS PENDIDIKAN TINGGI

Authors

  • INDAH PUJI YANTI Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/juara.v1i2.780
Abstract views 2083 times

Keywords:

Universal Design, Aksesibilitas, Fasilitas Pendidikan, UNISA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemudahan aksesibilitas pada fasilias pendidikan tinggi dengan studi kasus di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Tingkat kemudahan akses, kenyamanan  dan keamanan desain bangunan menjadi aspek utama dalam penelitian ini.. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan observasi/ pengamatan dan pengukuran kondisi eksisting. Hasil observasi  kemudian dibuat gambar kerjanya dan di analisis sesuai dengan standart universal design. Sampel yang menjadi lokasi amatan adalah beberapa elemen bangunan di kampus Terpadu UNISA yang berkaitan dengan aksesibilitas bangunannya. Hasil dalam penelitian ini ditemukan adanya beberapa elemen di kampus terpadu UNISA yang belum aksesibel dan beberapa sudah memenuhi standar aksesibel.

References

Center of Universal Design, 1997. NC University

Mace, Ron. 1990,Accessible, Adaptable, and Universal Design

Nussbaumer, Linda L. 2012. Inclusive Design, A Universal Need. New York : Fairchild Books.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 4 Tahun 2012 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 30/PRT/M/2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2011 tentang pengesahan Convention on the Rights of Person With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas).

Published

2018-09-18

How to Cite

YANTI, I. P. (2018). IMPLEMENTASI UNIVERSAL DESIGN PADA FASILITAS PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Arsitektur Dan Perencanaan (JUARA), 1(2), 223–239. https://doi.org/10.31101/juara.v1i2.780

SHARE THIS