Evaluasi Setting Perilaku Ruang Toilet bagi Pengguna Anak pada Bangunan TK dan SD di Kota Pontianak

Penulis

  • Muhammad Ridha Alhamdani Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Muhammad Nurhamsyah Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Syaiful Muazir Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Lestari Lestari Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/juara.v7i1.2836

Kata Kunci:

Toilet sekolah, evaluasi, behaviour mapping, ide solusi desain

Abstrak

Pendidikan merupakan sarana untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Hal ini menuntut fasilitas belajar yang memiliki peranan penting dalam kegiatan belajar siswa. Fasilitas yang menunjang kegiatan di sekolah salah satunya adalah toilet. Adanya prasarana toilet yang disediakan perlu memenuhi standar kemudahan dalam menjangkau fasilitas yang ada di dalamnya. Sehingga sangat penting memperbaiki dan meningkatkan kualitas toilet pada sekolah, hal ini bertujuan agar siswa senang bersekolah, menyediakan lingkungan aman, menyenangkan, nyaman bagi anak. Oleh karena itu evaluasi aspek fungsional pada toilet bagi pengguna anak dapat dilakukan pengamatan dengan menggunkan metode behavior mapping serta melakukan wawancara terhadap narasumber, sehingga dapat diliat pergerakan aktivitas pengguna di area sekitar toilet maupun di dalam toilet. Hasil Pengamatan dilakukan untuk menemukan ekplorasi bentuk berupa solusi desain pada toilet.

Referensi

Ali, A. B. Khan, and T. Ahmad. (2020) “Effects of School Building on Academic Achievement of Secondary School Students in Southern KP, Pakistan,†Glob. Educ. Stud. Rev., vol. V, no. II, pp. 28–34, 2020, doi: 10.31703/gesr.(v-ii).04.

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2016). Pengembangan Pedoman Ruang Ramah Anak Berbasis Kaerifan Lokal untuk Fasilitas Pendidikan Usia Dini. Imaji, Vol 14, No(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/imaji.v14i1.9533

Indrawati. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa Golden Age. Proceeding, 1–19.

Kurniadi, F., Sari, D. P., & Wibowo, T. (2020). Setting Perilaku Dalam Evaluasi Purna Huni (Eph) Gedung Direktorat Politeknik Negeri Pontianak. Langkau Betang: Jurnal Arsitektur, 7(2), 134. https://doi.org/10.26418/lantang.v7i2.40699

Pamungkas, T. B. (2013). Pengelolaan Fasilitas Pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman (Persepsi Kepala Sekolah dan Pengelola Barang). Skripsi, 3(9), 1– 85.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No, 24 Tahun 2007

Purnomo, E., Fajrin, R., & Ana, R. (2020). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah DasarVolume 9 Nomor 5 Oktober 2020 the Effect of Learning Facilities Towards Learning Motivation of Grade Iii Students At Sd Negeri Notorejo , Kecamatan Gondang Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volum. 9,600–606.

Siregar, Johannes Parlindungan. (2014). Metodologi Dasar Space Syntax Dalam Analisis Konfigurasi Ruang. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik. Universitas Brawijaya.

Wijaya, Dimas Perdana H, Subhan R. (2018). Evaluasi Purna Huni Alun-Alun Kapuas Kota Malang.

Malang: Unversitas Brawijaya

Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak Informasi artikel ABSTRAK Sejarah artikel: Diterima Revisi Dipublikasikan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/inde

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

Alhamdani, M. R., Nurhamsyah, M., Muazir, S., & Lestari, L. (2024). Evaluasi Setting Perilaku Ruang Toilet bagi Pengguna Anak pada Bangunan TK dan SD di Kota Pontianak. Jurnal Arsitektur Dan Perencanaan (JUARA), 7(1), 9–23. https://doi.org/10.31101/juara.v7i1.2836

Citation Check

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.