Kecerdasan emosional dan sikap terhadap bullying pada anak usia sekolah

Authors

  • Bastian Ari Wijaya Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Ery Khusnal Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/jhes.508

Keywords:

kecerdasan emosional, bullying, anak usia sekolah

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan sikap terhadap bullying pada anak usia sekolah. Sampel penelitian ini adalah 56 siswa SD X yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan jawaban tertutup. Analisis data menggunakan Spearman Rank menunjukkan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan sikap terhadap bullying pada anak usia sekolah (Ï=0,272; p<0,05). Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan metode pengumpulan data yang berbeda.

References

Andina, E. 2014. Budaya Kekerasan Antar Anak di Sekolah Dasar. Kesejahteraan Sosial. 6. 2014. http://www.berkas.dpr.go.id. Diakses tanggal 16 Oktober 2015.

Ammar, A.M. 2014. Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bedagas Kecamatan Pengadengan Kbupaten Purbalingga. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Apsari, F. 2013. Hubungan antara Harga Diri dan Disiplin Sekolah dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Penelitian Humaniora. 14. 9-16. Februari 2013. http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/ view/872/591. Diakses tanggal 25 Oktober 2015.

Basyirudin. F. 2010. Hubungan Antara Penalaran Moral dengan Perilaku Bullying Para Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Assa’adah Serang Banten. http://reository.uinjkt.ac.id.pdf diakses tanggal 5 Desember 2015.

Djuwita, R. 2011. Penanggulangan Bullying di Sekolah, Membentuk Masyarakat Indonesia yang Resilien Melalui Pendidikan Karakter. Psychology Expo: Jakarta

Ghanita. F. 2014. Definisi Bullying Apakah Arti Kata Bullying. http://www.academia.edu/830 7317/. Diakses tanggal 24 Oktober 2015.

Hockenberry, M.J., & Wilson, D. 2007. Wong’s Nursing Care of Infant and Children. Mosby Elsevier: St Louis.

Hurlock, B. E. 2007. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. Erlangga: Jakarta.

Korua, S.F., Kanine, E., & Bidjuni, H. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Bullying Pada Remaja SMK Negeri 1 Manado. E-journal Keperawatan. 3. 1-7. Mei 2015. http://ejournal.unsrat.ac.id/ index.php/jkp/article/view/7474. Diakses tanggal 29 Oktober 2015.

Lipkins, S. 2008. Menghentikan Perploncoan di Sekolah/Kampus. Inspirita Publishing: Tangerang.

Marlinda., Yusmansyah., & Dahlan, S. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling. 3. 1-10. 2014. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ ALIB/article/view/7749. Diakses tanggal 29 Oktober 2015.

Mulyati. 2014. Hubungan Tingkat Harga Diri dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Kelas IV dan V di SD Negeri Bumijo Yogyakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Nurhayanti, R., Novotasari, D., & Natalia. 2013. Tipe Pola Asuh Orang Tua yang Berhubungan Perilaku Bullying di SMA Kabupaten Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa. 1. 49-59. Mei 2013. http://journal.uad.ac.id/index. php/EMPATHY/index. Diakses tanggal 25 Oktober 2015.

Patria, N. 2010. Aksi Bullying di AS Kian Meresahkan. http://dunia.news.viva.co.id/news/ read/181734. Diakses tanggal 20 Oktober 2015.

Prasetyo, A.B.E. 2011. Bullying di Sekolah dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. El-Tarbawj Jurnal Pendidikan Islam. 11. 19-26. 2011. http://journal.uii.ac.id/ index.php/JPI/article/view/2776. Diakses tanggal 23 Oktober 2015.

Purwanti. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Taman Kanak-Kanak Sebagai Upaya Menciptakan Anak Cerdas, Ceria dan Berahlak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 2. 196-214. September 2010. http://jurnal.untan.ac.id/ index.php/jvip/article/view/68. Diakses tanggal 24 Oktober 2015.

Ryandra, R. 2014. Generasi Muda Anti-bullying. http://americanspcc.org/bullying/ statistics-and-information. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2015.

Setyawan, D. 2014. KPAI: Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter. http://www.kpai.go. id/berita/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karak-ter/. Diakses tanggal 23 Oktober 2015.

Syafrida. R. 2012. Stimulasi Kecerdasan Sosial Emosional Anak Melalui Media Topeng Edukatif Dalam Bermain Peran di PAUD Cinta Ananda Banda Aceh. Visipena. 3. 26-32. Juni 2012. http://ejournal.stkipgetsempena.ac. id.pdf. Diakses tanggal 24 Februari 2016.

Sherwood, L. 2013. Fisiologi Manusia Dari Sel ke Sistem Edisi 8. EGC: Jakarta

Soedjatmiko, dkk. 2013. Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri. 15. 174-180. Oktober 2013. http://saripediatri.idai.or.id.pdf. Diakses tanggal 23 Oktober 2015

Sudibyo. A. I. 2012. Pengaruh Kedekatan Dengan Korban Dan Sikap Terhadap Bullying Terhadap Tindakan Prososial Bystander Bullying Di SMA. http://www.lib.ui.ac.id/file?file=digital/20308230-Spdf-A...pdf. Diakses tanggal 20 Maret 2016.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitiani. Alfabeta: Bandung.

Suharsimi-Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Usman, I. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying. Humanitas. 10. 50-60. 1 Januari 2013. http://journal.uad. ac.id/index.php/HUMANITAS/index. Diakses tanggal 24 Oktober 2015.

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.