Comparison the Effects of Using Learning Media on Physical Skills Mastery of Patients with Knee Osteoarthritis

Authors

  • Noor Sadhono Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Dwi Yuningsih Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31101/jitu.2402
Abstract views 557 times

Keywords:

Direct modelling, leaflet, Video, Physical skills mastery, knee osteoarthritis

Abstract

Promosi kesehatan tidak dapat lepas dari media karena melalui media, pesan-pesan yang disampaikan dapat lebih menarik dan dipahami. Penguasaan keterampilan latihan dapat dipengaruhi oleh jenis media yang digunakan, pada penelitian ini menggunakan peragaan langsung, leaflet dan video. Apabila pasien osteoartritis lutut menguasai keterampilan latihan dan melakukan dengan benar dan teratur dapat mengurangi nyeri dan meningkatkan aktifitas fungsional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media peragaan langsung, leaflet dan video terhadap penguasaan keterampilan latihan pada pasien osteoartritis lutut.Metode penelitian ini kuantitatif-analitik-eksperimental dengan pendekatan RCT (Randomized Control Trial). Sampel penelitian berjumlah 90 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling dari 120 orang pasien RSUD.Dr.Moewardi dan Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta yang masih aktif dan di bagi menjadi tiga kelompok perlakuan secara randome yang mana 30 orang mendapat media peragaan langsung, 30 orang mendapat media leaflet dan 30 orang mendapat media video. Pengusaan keterampilan latihan diukur dengan lembar penilaian yang telah di uji validitas konstruksi, hasil dianalisis dengan Anova dan Post Hoc Test. Hasil analisis terdapat perbedaan pengaruh antara peragaan langsung, leaflet dan video terhadap penguasaan keterampilan latihan pasien osteoartritis lutut yang secara statistik bermakna (p = 0,013). Peragaan langsung memiliki perbedaan bermakna dengan leaflet tetapi video tidak memiliki perbedaan bermakna dengan peragaan langsung maupun leaflet. Media yang paling baik untuk meningkatkan penguasaan keterampilan latihan osteoartritis lutut adalah peragaan langsung, sedangkan media yang kurang baik untuk meningkatkan penguasaan keterampilan latihan osteoartritis lutut adalah leaflet.

Author Biography

Dwi Yuningsih, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Dosis Fisioterapi di Prodi Fisioterapi  

References

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. Cetakan ke-14. Jakarta: Raja Grafindo Persada, hal. 36-40, 49-50

Bannuru R.R., Osani M.C., Vaysbrot E.E (2019). OARSI guidelines for the non-surgical management of knee, hip and polyarticular osteoarthritis. Osteoarthritis Cartilage, 27(11):1578-1589. https://doi.org/10.1016/j.joca.2019.06.011

Barker SP. (1988). Comparison of Effectiveness of interactive Videodisc Versus Lecturer-Demonstration Instruction. Phys Ther 68(5):699-703.https://doi.org/ 10.1093/ptj/68.5.699.

BPS (2021), Proyeksi Peresentase Penduduk Lanjut Usia (Lansia) 21 Desember 2021

Cui A, Li H, Wang D, Zhing J, Chen Y, Lu H(2020) Global, regional prevalence, incidence and risk factor of knee osteorthritis in population-based studies.Elseiver EClinicalMedicine, 29-30:100587. https://doi.org/10.1016/j.eclinm.2020.100587

Hunter D.J., Bierma-Zeinstra S. (2019), Osteoarthritis. Lancet, 393(10182):1745-1759. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(19)30417-9

Kumaran AK, Yohannan J, John J, Palanisamy S., Jacob S. (2009). Development and Implementation of Patient Information Leaflet on Hypertension and to Assess its Effetiveness. International Journal of PharmTech Research.1(3) 712-719. ISSN :0974-4304

Madry H., Kon E, Condello V., Varetti G.M., Steinwachs M., Seil R., et al. (2016). Early Oateoarthritis of knee. Knee surg. Sports Traumatol.Arthrosc.24,1753-1762 https://doi.org/ 10.1007/s00167-016-4068-3 Magill R A. (2011). Motor Learning and Control, 9th ed. McGraw-Hill Companies,Inc, 1221 Avenue of the Americans, New York, NY, 10020, hal. 3-4, 308-309

Notoatmodjo S. (2007).Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, hal. 133-151

Roos E.M., Herzog W., Block J A, Bennel K.L (2010) Muscle weakness, afferent sensory dysfunction and exercise in knee osteoarthritis. Nature Reviews Rheumatology,7,57-63. https://doi.org/10.1038/nrrheum.2010.195

Sanjaya W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, hal.147-176

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Smaldino S E. (2005). Instructional Tecnology and Media for Learning. 8th ed.Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey 07458, hal. 7-12

Smith A R, Cavanough C, Moore W A. (20011). Instructional multimedia : An investigation of student and instructor attitudes and student study behavior. BMC Medical Education, 11:38 https://doi.org/10.1186/1472-6920-11-38

Sumiati, Asra. (2008). Metode Pembelajaran. edisi kedua, Bandung: CV Wacana Prima, hal. 58-59, 204

Valderrabano V., Steigeer C. (2011) Treatment and preventioan of osteoarthritis through exercise and sports. Journal of aging research, 374653.https://doi.org/ 10.4061/2011/374653

Vos T., Allen C.,Arora M. (2016) Global, regional and national incidence, prevalence and years lived with disability for 310 disease and injuries, 1990-2015 : a systematic analysis for the global burden of disease study 2015. Lancet; 388(10053): 1545-1602.https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31678-6

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Sadhono, N., & Yuningsih, D. (2022). Comparison the Effects of Using Learning Media on Physical Skills Mastery of Patients with Knee Osteoarthritis. Journal Physical Therapy UNISA, 1(2). https://doi.org/10.31101/jitu.2402

Issue

Section

Articles

SHARE THIS