Title:


Comparison the Effects of Using Learning Media on Physical Skills Mastery of Patients with Knee Osteoarthritis


Author:


Mail Dwi Yuningsih(1*)

(1) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31101/jitu.2402| Abstract views : 208 | PDF views : 106

Abstract


Promosi kesehatan tidak lepas dari media karena pesan yang disampaikan dapat lebih menarik dan mudah dipahami. Latihan penguasaan keterampilan  dapat dipengaruhi oleh jenis media yang digunakan. Pemodelan langsung, leaflet dan video diterapkan pada penelitian ini, jika pasien osteoarthritis lutut memahami keterampilan latihan secara lengkap dan serta digunakan secara teratur, dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kemampuan fungsional.                              
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh media penggunaan direct modelling, leaflet dan video terhadap penguasaan keterampilan latihan pada pasien osteoarthritis lutut. Metode penelitian ini berdasarkan kuantitatif-analitik-eksperimental dengan pendekatan RCT (Randomized Control Trial). memiliki 90 relawan yang diambil dengan teknik simple random sampling dari 120 pasien RSUD Dr.Moewardi dan Panti Asuhan Dharma Bhakti Surakarta yang masih aktif. Mereka dipisahkan menjadi tiga kelompok, 30 relawan untuk setiap kelompok, di mana kelompok 1 memiliki model langsung, kelompok 2 memiliki leaflet dan kelompok 3 memiliki pendekatan video, Penguasaan latihan keterampilan diukur dengan formulir penilaian yang telah diuji validitas konstruk , hasil dianalisis dengan ANOVA dan Post Hoc Test. Hasil dari analisis, Terdapat perbedaan pengaruh pendekatan direct modelling, leaflet dan video terhadap penguasaan keterampilan latihan pada pasien osteoarthritis lutut yang bermakna secara statistik (p = 0,013). Pemodelan langsung memiliki perbedaan yang signifikan dengan leaflet tetapi video tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan pemodelan langsung dan leaflet. Media yang terbaik untuk meningkatkan penguasaan keterampilan latihan untuk pasien dengan osteoarthritis lutut adalah pemodelan langsung, sedangkan media yang tidak baik untuk meningkatkan latihan. Latihan penguasaan keterampilan untuk penderita osteoarthritis lutut adalah leaflet.

Keywords


Direct modelling, leaflet, Video, Physical skills mastery, knee osteoarthritis

Full Text:

PDF

References


Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. Cetakan ke-14. Jakarta: Raja Grafindo Persada, hal. 36-40, 49-50

Bannuru R.R., Osani M.C., Vaysbrot E.E (2019). OARSI guidelines for the non-surgical management of knee, hip and polyarticular osteoarthritis. Osteoarthritis Cartilage, 27(11):1578-1589. https://doi.org/10.1016/j.joca.2019.06.011

Barker SP. (1988). Comparison of Effectiveness of interactive Videodisc Versus Lecturer-Demonstration Instruction. Phys Ther 68(5):699-703.https://doi.org/ 10.1093/ptj/68.5.699.

BPS (2021), Proyeksi Peresentase Penduduk Lanjut Usia (Lansia) 21 Desember 2021

Cui A, Li H, Wang D, Zhing J, Chen Y, Lu H(2020) Global, regional prevalence, incidence and risk factor of knee osteorthritis in population-based studies.Elseiver EClinicalMedicine, 29-30:100587. https://doi.org/10.1016/j.eclinm.2020.100587

Hunter D.J., Bierma-Zeinstra S. (2019), Osteoarthritis. Lancet, 393(10182):1745-1759. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(19)30417-9

Kumaran AK, Yohannan J, John J, Palanisamy S., Jacob S. (2009). Development and Implementation of Patient Information Leaflet on Hypertension and to Assess its Effetiveness. International Journal of PharmTech Research.1(3) 712-719. ISSN :0974-4304

Madry H., Kon E, Condello V., Varetti G.M., Steinwachs M., Seil R., et al. (2016). Early Oateoarthritis of knee. Knee surg. Sports Traumatol.Arthrosc.24,1753-1762 https://doi.org/ 10.1007/s00167-016-4068-3 Magill R A. (2011). Motor Learning and Control, 9th ed. McGraw-Hill Companies,Inc, 1221 Avenue of the Americans, New York, NY, 10020, hal. 3-4, 308-309

Notoatmodjo S. (2007).Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, hal. 133-151

Roos E.M., Herzog W., Block J A, Bennel K.L (2010) Muscle weakness, afferent sensory dysfunction and exercise in knee osteoarthritis. Nature Reviews Rheumatology,7,57-63. https://doi.org/10.1038/nrrheum.2010.195

Sanjaya W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, hal.147-176

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Smaldino S E. (2005). Instructional Tecnology and Media for Learning. 8th ed.Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey 07458, hal. 7-12

Smith A R, Cavanough C, Moore W A. (20011). Instructional multimedia : An investigation of student and instructor attitudes and student study behavior. BMC Medical Education, 11:38 https://doi.org/10.1186/1472-6920-11-38

Sumiati, Asra. (2008). Metode Pembelajaran. edisi kedua, Bandung: CV Wacana Prima, hal. 58-59, 204

Valderrabano V., Steigeer C. (2011) Treatment and preventioan of osteoarthritis through exercise and sports. Journal of aging research, 374653.https://doi.org/ 10.4061/2011/374653

Vos T., Allen C.,Arora M. (2016) Global, regional and national incidence, prevalence and years lived with disability for 310 disease and injuries, 1990-2015 : a systematic analysis for the global burden of disease study 2015. Lancet; 388(10053): 1545-1602.https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31678-6




DOI: https://doi.org/10.31101/jitu.2402

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 106 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Physical Therapy UNISA

Published by:
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta in collaboration with Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI)
Kampus Terpadu: Jalan Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292, Indonesia Phone: (+62274) 4469199; Fax.: (+62274) 4469204; Email: jitu@unisayogya.ac.id