Title:


Efisiensi Aksesibilitas Kawasan Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit di Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta


Author:


Mail Google Scholar Orcid Ardiansyah Rahmat Hidayatullah(1*)

(1) Univesitas 'Aiysiyah Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31101/juara.v5i1.2374| Abstract views : 193 | PDF views : 72

Abstract


Rumah Sakit merupakan salah satu dari sekian banyak fasilitas publik yang diharapkan untuk dapat memenuhi dan menjadi rujukan kebutuhan masyarakat dalam hal kesehatan. Dengan berbagai pendekatan perancangan dan pertimbangan fisik, pemanfaatan lahan dirancang dengan tujuan seefisien mungkin sehingga memenuhi standar dan kapabilitasnya. Namun tidak sedikit fasilitas kesehatan yang tidak mempertimbangkan salah satu aspek kenyamanan fisik bagi pengunjung maupun pasien, yaitu efisiensi sistem aksesibilitas. Hal tersebut tidak sebanding antara tujuan efisiensi pemanfaatan lahan terhadap bentuk pelayanan fisik yang harus diutamakan dalam fasilitas publik. Untuk meninjau latar belakang tersebut, maka perlu dilakukan sebuah pengkajian terhadap konteks fasilitas kesehatan yang dalam hal ini mengambil studi kasus beberapa Fasilitas Kesehatan dalam kasus ini yaitu Rumah Sakit yang berada di Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu secara deskriptif kuantitatif menggunakan skema dan pembahasan ukuran fisik dilapangan yang dibandingkan kesesuainnya berdasarkan litertur terkait. Sehingga dapat diketahui efisiensi dari pemanfaaatan lahan dari rumah sakit yang telah ada sebagai studi kasusnya, untuk kemudian dirujuk sebagai rekomendasi dalam pemanfaatan dan perancangan fasilitas kesehatan.


Keywords


Efisiensi, Aksesibilitas, Fasilitas Kesehatan, Fasilitas Publik

References


Mulyaputra, G.E. (2016). Sistem Sirkulasi Rumah Sakit. https//galihendradita.wordpress.com/2016/01/26/sistem-sirkulasi-rumah-sakit

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 24 Tahun 2016. Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit.

PT Global Rancang Selaras (2010). Arsitektur Rumah Sakit.

Laksono, D.A., Mubasyiroh, R., Laksmiarti, T., Nurhotimah, E., Suharmiati & Sukoco, E.N (2016). Aksesibilitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Penerbit Kanisius, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Widyonarso, E.S., & Yuliastuti, N (2014). Tingkat Aksesibilitas Fasilitas Sosial Berdasarkan Konsep Unit Lingkungan di Perumnas Banyumanik Kota Semarang. Jurnal Ruang Volume 2 Nomor 4 Tahun 2014.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman (2020). Kecamatan Gamping Dalam Angka.

Avila, A.A (2018). Analisis Pola Spasial Persebaran dan Aksesibilitas Area Pelayanan Prasarana Kesehatan di Kota Makassar. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Hasanuddin.




DOI: https://doi.org/10.31101/juara.v5i1.2374

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 72 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta 
Kampus Terpadu: Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292 
Telepon: (0274) 4469199
Fax.: (0274) 4469204
Email:  juara@unisayogya.ac.id