Hubungan stres akademik dengan koping religius remaja di masa pandemi covid-19

Authors

  • Inggriane Puspita Dewi Universitas 'Aisyiyah Bandung, Indonesia
  • Wida Ningsih Universitas 'Aisyiyah Bandung, Indonesia
  • Hayinah Rahayu Universitas 'Aisyiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31101/ijhst.v4i1.2542

Keywords:

Stres akademik, Koping religius, Remaja madya

Abstract

Penelitian hubungan stres akademik dengan koping religius remaja madya selama pandemi covid-19 adalah untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan koping religius remaja madya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini 92 remaja madya. Pengumpulan data menggunakan skala stres akademik adaptasi dari Lin dan Chen dan skala koping religius adaptasi dari Hisyam Abu Raiya yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Analisis data menggunakan spearman rank correlation. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan negatif yang signifikan antara stres akademik dan koping religius (r=-0,331 dengan p=0,001), artinya semakin tinggi tingkat stres akademik maka koping religius semakin rendah.

References

Agustiningsih, N. (2019). Gambaran Stres Akademik dan Strategi Koping pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 6(2), 241–250. https://doi.org/10.26699/jnk.v6i2.ART.p241

Alazzam, M., & Abuhammad, S. (2021). Predictors of Depression and Anxiety Among Senior High School Students During COVID-19 Pandemic : The Context of Home Quarantine and Online Education. The Journal of School Nursing XX(X), 1–8. https://doi.org/10.1177/1059840520988548

Andiarna, F., & Estri Kusumawati. (2020). Effects of Online Learning on Student Academic Stress During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–150.

Ayun, Q. (2017). Keyakinan (Believe) Beragama Sebagai Coping Pada Individu Yang Mengalami Kondisi Stres. International Conference on Indonesian Islam, Education and Science (ICIIES), 522.

Azmy, A. N., Nurikhsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik Dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat Amy Noerul Azmy 1 , Achmad Juntika Nurihsan 2 , dan Eka Sakti Yudha 2. 197–208.

Barbato, M. (2020). Positive Religious Coping and Mental Health among Christians and Muslims in Response to the COVID-19 Pandemic. September. https://doi.org/10.3390/rel11100498

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar. Jurnal Educatio, 40–47.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. 5(2005), 143–148.

Dewi, I. P., & Widiyanti, A. T. (2018). Qur ’ anic Therapy ( Islamic Bibliotherapy ) To Improve Religious Coping In Hemodialysis Patient. 18. https://doi.org/10.26714/mki.1.3.2018.12-17

Francis, B., Gill, J. S., Han, N. Y., Petrus, C. F., Azhar, F. L., Sabki, Z. A., Said, M. A., & Hui, K. O. (2019). Religious Coping , Religiosity , Depression and Anxiety among Medical Students in a Multi-Religious Setting. Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan Dan Kesehatan Masyarakat, 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph16020259

Gugus Covid-19. (2021). Gugus Covid-19. https://covid19.go.id/peta-sebaran

Halidi, R., & Fikri, L. K. (2020). Survei: 23 Persen Remaja Alami Stres Karena Belajar Daring. Suara.Com. https://www.suara.com/health/2020/10/14/225135/survei-23-persen-remaja-alami-stres-karena-belajar-daring

Huda, N. (2016). Kemandirian pada Remaja yang Diasuh Orangtua Tunggal. In Repository Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/1762

Kemendikbud. (2020a). Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. http://gtk.kemendikbud.go.id/read-news/index.php

Kemendikbud. (2020b). Tabel 2. Gambaran Umum Keadaan Sma Tiap Provinsi Table 2. Overview Of General Senior Secondary School (GSSS) By Province. Statistik Pendidikan. http://statistik.data.kemdikbud.go.id/index.php/page/smk

Laili, N. A. (2018). Hubungan antara Koping Religius dan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja Penghafal Alquran. Universitas Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/167974

Nasrani, L., & Purnawati, S. (2016). Stress Level Difference Between Men And Women On Yoga Participants In Denpasar City.

Pardamean, E., & Lazuardi, M. J. (2019). Siswa-Siswi Kelas XI Jurusan Ipa The Relationship Between Gender And Psychological Stress Of Science Students Grade XI In Sma X Tangerang Stres adalah kondisi medis psikologis Data dari Riset Kesehatan Dasar stres , dan dari jumlah tersebut yang sampai. Nursing Current, 7(1).

Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Community Development, 1(2), 35–52.

Raiya, H. A., Pargament, K., Mahoney, A., & Stein, C. (2008). A psychological measure of islamic religiousness: Development and evidence for reliability and validity. International Journal for the Psychology of Religion, 18(4), 291–315. https://doi.org/10.1080/10508610802229270

Reza, I. F. (2016). Implementasi Coping Religious dalam Mengatasi Gangguan Fisik-Psikis-Sosial-Spiritual pada Pasien Gagal Ginjal Kronik. 22(2), 243–280.

Suleyiman, M., & Zewdu, A. (2018). Prevalence and associated factors of stress among undergraduate students in Ambo University : Implication for Intervention. 10(September), 29–39. https://doi.org/10.5897/IJPC2018.0532

Supradewi, R. (2019a). Koping Religius dan Stres pada Guru Sekolah Islam. 1(September), 150–165.

Supradewi, R. (2019b). Stres Mahasiswa Ditinjau Dari Koping Religius. Psycho Idea, 2003, 9–22.

Susanti, Y., Pamela, E. M., & Haryanti, D. (2018). Gambaran Perkembangan Mental Emosional Pada Remaja Description Of Emotional Mental Development In Adolescent. 38–44.

Syarifudin, A. S. (2020). Albitar Septian Syarifudin Universitas Trunojoyo Madura , Jalan Raya Telang , Bangkalan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5, 31–34.

Wijaya, C. (2021). Covid-19: “Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diriâ€, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502

Yuliana. (2020). Wellness and healthy magazine. 2(February), 187–192.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7.

Yusuf, N. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. 13(02), 4–5.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Dewi, I. P., Ningsih, W., & Rahayu, H. (2022). Hubungan stres akademik dengan koping religius remaja di masa pandemi covid-19. International Journal of Health Science and Technology, 4(1). https://doi.org/10.31101/ijhst.v4i1.2542

Issue

Section

Articles

Citation Check