Pengaruh Permainan Melempar dan Menangkap Bola terhadap Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Pra Sekolah

Authors

  • Lilis Maghfuroh Universitas Muhammadiyah Lamongan, Jalan Raya Plalangan Plosowahyu, Km.3, Wahyu, Plosowahyu, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62218

DOI:

https://doi.org/10.31101/jkk.532
Abstract views 1974 times

Keywords:

Pekembangan Motorik Kasar, Melempar dan Menangkap Bola, Anak Pra Sekolah

Abstract

Perkembangan pada masa kanak-kanak akan menjadi dasar perkembangan pada masa selanjutnya, perkembangan fisik anak ditandai dengan berkembangnya keterampilan motorik kasar maupun halus. Dari survey awal yang dilakukan peneliti memperoleh hasil hampir sebagian anak mengalami perkembangan motorik kasar suspect. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan melempar dan menangkap bola terhadap perkembangan motorik kasar  pada anak pra sekolah di TK Sri Mulya Desa Srirande Kecamatan Deket. Desain penelitian ini menggunakan metode pre-eksperiment design dengan pendekatan one group pre test and post test design. Populasi adalah seluruh anak prasekolah di TK Sri Mulya Srirande sebanyak 37anak pada bulan Februari sampai Maret 2016 dan besar sampel sebanyak 34 dengan teknik Simple random sampling. Data penelitian diambil melalui observasi Tes Denver II. Setelah data terkumpul dilakukan editing, coding, scoring, tabulating kemudian dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat kemaknaan p<0,05 menggunakan program SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruhnya anak memiliki perkembangan motorik kasar normal setelah diberikan permainan melempar dan menangkap bola, dengan nilai Z = -3.317a  dan p = 0,001 dimana p < 0,05 maka H1 diterima artinya ada pengaruh permainan melempar dan menangkap bola terhadap perkembangan motorik kasar  pada anak pra sekolah di TK Sri Mulya Desa Srirande Kecamatan Deket. Melihat hasil di atas dapat disimpulkan bahwa permainan melempar dan menangkap bola dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak.

References

Adriana, Dian. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Astyorini, Yuyun Dwi. (2014). Hubungan Status Gizi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Sekolah Dasar Kelas 1 Di SDN Krembangan Utara 1/56 Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014, 33-39. Penkesrek FIK Universitas Negeri Surabaya.

Driyo, Agoes. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Kholifah, Siti Nur, dkk. (2014). Perkembangan Motorik Kasar Melalui Stimulasi Ibu Di Kelurahan Kemayoran Surabaya. Poltekkes Kemenkes Surabaya. Jurnal Sumber Daya Manusia Kesehatan Vol.1, No.1, 2014.

Lara, Farida. (2009). Evaluasi perkembangan anak usia dini. Jakatra: Universitas Terbuka.

Maghfuroh, L., & Khotimah, N. (2017). Pengaruh Teknik Mozaik terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Sain Med, 9(1), 57-61.

Maghfuroh, L., (2017). Peran orang tua dalam kejadian konstipasi anak prasekolah. Jurnal kebidanan dan keperawatan Aisyiyah, 13(1), 25-33.

Malahayati. (2009). 50 Permainan Melatih Kecerdasan Anak. Surabaya: Nusantara Publisher.

Mansur, Herawati. (2011). Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Muntolalu, B.E.F dkk. (2009). Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian untuk Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Parman, Rendrawati. (2014). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak. Diambi dari http://jurnal.ac.id/rendrawatiparman/peran-guru-motorik-com. Diakses pada tanggal 02/01/2016 jam 10:45 WIB.

Rihlah, Jauharotur dkk. (2014). Studi Deskriptif Senam Untuk Menstimulasi Motorik Kasar Anak Kelompok B Di TK Muslimat Mazraatul Ulum 1 Lamongan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Santrock, John W. (2011). Masa perkembangan anak, buku 1 edisi 11. Jakarta: Salemba Humanika.

Sujiono, Bambang. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: UT.

Wong, Donna L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 6. Jakarta: EGC.

Wahyuni, Sri dkk (2012). Perbedaan Perkembangan Motorik Kasar Anak Yang Mengikuti Program Play Group Dengan Anak Yang Tidak Mengikuti Program Paly Group Di TK Islam Al-Azhar Salatiga. STIKES Telogorejo Semarang.

Wijayanti, Hesti. 2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Besar Kelompok B TK Al-Hidayah Semawung, Banjaroyo Kalibawang Kulonprogo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulan, Ratna. (2011). Mengasah Kecerdasan pada Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanin dan Sanan. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2020-08-14

How to Cite

Maghfuroh, L. (2020). Pengaruh Permainan Melempar dan Menangkap Bola terhadap Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(1), 07–18. https://doi.org/10.31101/jkk.532

Issue

Section

Articles

SHARE THIS