Persepsi pasien terhadap kualitas caring perawat yang islami di intensive care unit, studi fenomenologi

Authors

  • Widiastuti Widiastuti Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang
  • Suhartini Suhartini Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang
  • Untung Sujianto Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31101/jkk.749

Keywords:

persepsi pasien, kualitas caring perawat, caring islami

Abstract

Studi ini merupakan studi kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien terhadap kualitas caring yang islami di intensive care unit. Metode dalam studi ini menggunakan design kualitatif dengan pendekatan fenomenologi  yang melibatkan enam pasien yang di rawat di ruang ICU di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan indepth interview semistructure selanjutnya dianalisa menggunakan content analysis. Tema yang didapatkan dalam study ini adalah lima tema yaitu : Persepsi pasien kualitas caring perawat yang islami di ICU, Pelayanan keperawatan yang harapkan pasien di ICU, Komunikasi yang dilakukan perawat dan petugas kesehatan, Penjelasan perawat tentang pelayan keperawatan dan Fasilitas pelayanan keperawatan.

References

Aiken, L. H., Sermeus, W., Van den Heede, K., Sloane, D. M., Busse, R., McKee, M., … Kutney-Lee, A. (2012). Patient safety, satisfaction, and quality of hospital care: cross sectional surveys of nurses and patients in 12 countries in Europe and the United States. Bmj, 344(mar20 2), e1717–e1717. https://doi.org/10.1136/bmj.e1717

Ahmad, M. P. (2012). Pengaruh Kualitas Caring Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Praktek Keperawatan Di Ruang Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Bima.

Direktoral Jenderal Bina Upaya Kesehatan. (2011). Pedoman ICU. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Pelayanan Medik. (2006). Standar Pelayanan ICU. Jakarta: Depatemen Kesehatan Republik Indonesia.

Elo & Kyngäs, H, S. (2008). The quali protative content analysiscess. Journal of Advanced

Nursing, 62(1), 107–115. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2007.04569.x

Hasan Kasule O. (2007). Kuliah Kedokteran Islam. Yogyakarta: Grafina, Yogyakarta.

Ismail, S. (2015). Islamic Based Caring in Nursing Science : A Literature Review. 3rd

AASIC: Sustainable Development of Asian Community, 100–106.

Lovering, S., & Dhsc, R. N. (2012). The Crescent of Care : a nursing model to guide the care of Arab Muslim patients, 171–178.

Perry P. P, A. G. (2010). Fundamental of Nursing (7 vol 2). Jakarta: Salemba Medika.

Supranto. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tiara*, A. L. (2013). Perilaku Caring Perawat Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan, ISSN 1907 – 0357, IX(2).

Tjiptono F dan CG. (2005). Service, Quality, & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset

Watson, J. (2009). Caring as the essence and science of Nursing and health care. O Mundo Da Saúde, 33(2), 143–149. Retrieved from http://www.saocamilo-sp.br/pdf/mundo_saude/67/143a149.pdf

Yasmini, Rinami, Purwasih, S., Sersanti, W., Lavisa, H., & Ivon, N. (2015). Hubungan Caring Perawat Pelaksan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap SMC RS Telogorejo. Ejournal Stikestelogorejo.Ac.Id. Retrieved from ejournal.stikestelogorejo.ac.id/index.php/jikk/article/download/382/403

Downloads

Published

2018-12-15

How to Cite

Widiastuti, W., Suhartini, S., & Sujianto, U. (2018). Persepsi pasien terhadap kualitas caring perawat yang islami di intensive care unit, studi fenomenologi. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 14(2), 147–152. https://doi.org/10.31101/jkk.749

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.