Pengaruh City Branding Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Kawasan Wisata di Toraja
DOI:
https://doi.org/10.31101/juara.v5i2.2427Kata Kunci:
City Branding, Toraja, Keputusan Berkunjung.Abstrak
Referensi
Aisyah, S. (2017). Pengaruh Citra Merek DBL terhadap Keputusan Pembelian Kaos Olahraga Basket di DBL Store Surabaya. Skripsi. Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tana Toraja. (2019). Kabupaten Tana Toraja dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Toraja Utara. (2021). Kabupaten Toraja Utara dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik.
Bahtiar, I., Ni, N., P., M., Tatit, D., R. (2021). Pengaruh city branding pada city image dan keputusan berkunjung wisatawan ke wisata hutan bambu kabupaten lumajang. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
Basri, M., H. (2019). Pengembangan pariwisata dalam peningkatan ekonomi masyarakat di kabupaten sumenep. Jurnal Ilmiah Muqoddimah Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Fikri, M., K. (2016). Pengaruh City Branding “Shining Batu†terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Kota Batu Jawa Timurâ€. Skripsi. Manajemen, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hasyim, M., Akhmar, M., A., Kuswarini, P., Masdiana. (2018). Branding Kopi Toraja sebagai Destinasi Wisata Dunia: Membangun Daya Saing Global Daerah Pariwisata Berbasis Identitas. Prosiding Seminar Antarbangsa Arkeologi, Sejarah, Bahasa, dan Budaya di Alam Melayu ke-7 (2), 559-570.
Hasyim, M., Akhmar, M., A., Wahyuddin, Hasbullah. (2016). Persepsi wisatawan eropa terhadap komofdikasi agrowisata di toraja sulawesi selatan. Jurnal Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin.
Ivani, S., Z., Nur. (2015). Pengaruh City branding “Enjoy Jakarta†terhadap Citra Kota dan Keputusan Berkunjung Youth Traveler ke Jakarta. Skripsi. Universitas Hidayatullah Jakarta.
Jannah, B., Arifin, Z., Kusumawati, A. (2014). Pengaruh city branding dan city image terhadap keputusan berkunjung wisatawan banyuwangi. Jurnal Admnistrasi Bisnis Universitas Brawijaya. 17(1), 1-7.
Kavaratriz, M. (2004). From city marketing to city branding: Towards a theoretical framework for developing city brands. in the Journal Place Branding Vol 1 No. 1. University of Groningen: Netherlands. Halaman web: https://www.academia.edu/24049074/From_city_marketing_to_city_branding_Towards_a_theoretical_framework_for_developing_city_brands (terakhir di akses 28 Desember 2021)
Luthfi, A., & Widyaningrat, A., I. (2018). Konsep city branding sebuah pendekatan (the city brand hexagon) pada pembentukan identitas kota†Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis ke-3 Universitas Jember, 315 -325. doi: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9178
Nugraditama, F., M. (2020). Analisis Faktor Penentu Harga Lahan di Kota Makassar (Studi Kasus: Kecamatan Makassar, Panakukkang, dan Manggala). Skripsi. Universitas Hasanuddin.
Pakarti, S., dkk. (2017). Pengaruh city branding dan event pariwisata terhadap keputusan berkunjung serta dampaknya pada minat berkunjung kembali ke kabupaten banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya
Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.
Putra, I, G., D., J., S., dkk. (2021). Pengaruh kunjungan wisatawan dan rata rata pengeluaran wisatawan terhadap PAD dan pertumbuhan ekonomi provinsi bali. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Halaman Web: https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/download/71850/39818/ (terakhir di akses 10 Februari 2022)
Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukmaraga, A., A., dan Aditya. 2016. City branding: sebuah tinjauan metodologis dengan pendekatan elaboratif, praktis, dan ilmiah. Jurnal Studi Desain Komunikasi Visua Universitas Ma Chung Malang.
Roostika, R. (2012). Citra merek tujuan wisata dan perilaku wisatawan:yogjakarta sebagai daerah tujuan wisata. Jurnal Administrasi dan Manajemen Universitas Pembangunan Nasional Veteran
Toraja DMO. (2015). Branding. Available at: https://www.visittoraja.com/branding/
Wahid, N., W. (2018). Strategi pemasaran pariwisata melalui city branding dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten lumajang. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik ke-6 (2). 1-7.
Wibowi, S., B. (2021). City branding, bisa menambah pad kota metro. Artikel Universitas Muhammadiyah Metro. Halaman Web: https://ummetro.ac.id/city-branding-bisa-menambah-pad-kota-metro/ (terakhir di akses 8 Februari 2022)
Yuliara, I., M. (2016). Modul Regresi Linear. dalam Modul Jurusan Fisika Bali: Universitas Udayana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
With the receipt of the article by the JUARA and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Journal of JUARA. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta as the publisher of Journal of JUARA hold the copyright regarding all the published articles in this journal.
Journal of Health Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.