Title:


Persepsi Pasien BPJS Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan


Author:


Mail Google Scholar Orcid Tanwir Djafar(1*)
Mail Amos Lellu(2)

(1) STIKes Bhakti Pertiwi Luwu Raya,Jalan Imam Bonjol No.27 Kota Palopo, Indonesia
(2) STIKes Bhakti Pertiwi Luwu Raya,Jalan Imam Bonjol No.27 Kota Palopo, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31101/jkk.927| Abstract views : 753 | PDF views : 451

Abstract


Mutu pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada setiap pasien. Makin sempurna kepuasan, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi pasien BPJS tentang mutu pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Wara Utara Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel adalah pasien BPJS rawat jalan sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan mutu pelayanan rawat jalan berdasarkan persepsi pasien BPJS dari aspek reabiliti, responsive, assurance, empaty, tangible, quality kategori baik.


Keywords


Persepsi; Pasien; BPJS; Mutu Pelayanan; Puskesmas

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Mkmi.

Arief Tarmansyah Iman, D. L. (2017). Manajemen Mutu Informasi 1 : Quality Assurance.Jakarta: Kemenkes

Asmuji. (2012). Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development.

Ayu, N. (2016). Pelayanan Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Puskesmas Segiri Kecamatan Samarinda Ulu. Administrasi Negara.

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, Eka Yuni La Fatmasari (2017) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal).

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian. https://doi.org/10.26576/profesi.135

Javed, S. A., & Ilyas, F. (2018). Service quality and satisfaction in healthcare sector of Pakistan— the patients’ expectations. International Journal of Health Care Quality Assurance. https://doi.org/10.1108/IJHCQA-08-2016-0110

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327

Li, M., Lowrie, D. B., Huang, C. Y., Lu, X. C., Zhu, Y. C., Wu, X. H., Shayiti, M., Tan, Q. Z., Yang, H. L., Chen, S. Y., Zhao, P., He, S. H., Wang, X. R., & Lu, H. Z. (2015). Evaluating patients’ perception of service quality at hospitals in nine Chinese cities by use of the ServQual scale. Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine. https://doi.org/10.1016/j.apjtb.2015.02.003

Pardede, C., Suryawati, C., & Wigati, P. (2016). Analisis Perbedaan Persepsi Pasien Peserta BPJS Terhadap Penilaian Mutu Pelayanan di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal).

Rindi Antina, R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik. https://doi.org/10.30996/jpap.v2i02.1010

Safrudin, Ngisom, & Yuwono, T. A. (2012). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan UPT Puskesmas Gandrungmangu I Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Widiastuti, W., Suhartini, S., & Sujianto, U. (2018). Persepsi pasien terhadap kualitas caring perawat yang islami di intensive care unit, studi fenomenologi. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah. https://doi.org/10.31101/jkk.749




DOI: https://doi.org/10.31101/jkk.927

Article Metrics

Abstract view : 753 times
PDF - 451 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by:


Google Schoolar Sinta Logo DOAJ Portal Garuda Crossref Jurnal Kebidanan dan Keperawatan 'AisyiyahJurnal Kebidanan dan Keperawatan 'Aisyiyah


Jurnal Kebidanan dan Keperawatan 'Aisyiyah
Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta
Kampus Terpadu: Jalan Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292, Indonesia
Telepon: (+62274) 4469199
Fax.: (+62274) 4469204
Email: jkk@unisayogya.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Kebidanan dan Keperawatan 'Aisyiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License..