Persepsi Pasien BPJS Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan

Authors

  • Tanwir Djafar STIKes Bhakti Pertiwi Luwu Raya,Jalan Imam Bonjol No.27 Kota Palopo, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-4406-9141
  • Amos Lellu STIKes Bhakti Pertiwi Luwu Raya,Jalan Imam Bonjol No.27 Kota Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/jkk.927

Keywords:

Persepsi, Pasien, BPJS, Mutu Pelayanan, Puskesmas

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada setiap pasien. Makin sempurna kepuasan, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi pasien BPJS tentang mutu pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Wara Utara Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel adalah pasien BPJS rawat jalan sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan mutu pelayanan rawat jalan berdasarkan persepsi pasien BPJS dari aspek reabiliti, responsive, assurance, empaty, tangible, quality kategori baik.

References

Abidin, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Mkmi.

Arief Tarmansyah Iman, D. L. (2017). Manajemen Mutu Informasi 1 : Quality Assurance.Jakarta: Kemenkes

Asmuji. (2012). Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development.

Ayu, N. (2016). Pelayanan Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Puskesmas Segiri Kecamatan Samarinda Ulu. Administrasi Negara.

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, Eka Yuni La Fatmasari (2017) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal).

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian. https://doi.org/10.26576/profesi.135

Javed, S. A., & Ilyas, F. (2018). Service quality and satisfaction in healthcare sector of Pakistan— the patients’ expectations. International Journal of Health Care Quality Assurance. https://doi.org/10.1108/IJHCQA-08-2016-0110

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327

Li, M., Lowrie, D. B., Huang, C. Y., Lu, X. C., Zhu, Y. C., Wu, X. H., Shayiti, M., Tan, Q. Z., Yang, H. L., Chen, S. Y., Zhao, P., He, S. H., Wang, X. R., & Lu, H. Z. (2015). Evaluating patients’ perception of service quality at hospitals in nine Chinese cities by use of the ServQual scale. Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine. https://doi.org/10.1016/j.apjtb.2015.02.003

Pardede, C., Suryawati, C., & Wigati, P. (2016). Analisis Perbedaan Persepsi Pasien Peserta BPJS Terhadap Penilaian Mutu Pelayanan di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal).

Rindi Antina, R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik. https://doi.org/10.30996/jpap.v2i02.1010

Safrudin, Ngisom, & Yuwono, T. A. (2012). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan UPT Puskesmas Gandrungmangu I Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Widiastuti, W., Suhartini, S., & Sujianto, U. (2018). Persepsi pasien terhadap kualitas caring perawat yang islami di intensive care unit, studi fenomenologi. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah. https://doi.org/10.31101/jkk.749

Downloads

Additional Files

Published

2021-01-28

How to Cite

Djafar, T., & Lellu, A. (2021). Persepsi Pasien BPJS Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(2), 167–176. https://doi.org/10.31101/jkk.927

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.