Penggunaan Gadget Mempengaruhi Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Anak

Authors

  • Enny Fitriahadi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jalan Siliwangi No.63 Nogotirto Gamping Sleman, Yogyakarta 55292, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-5812-0721
  • Menik Sri Daryanti Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jalan Siliwangi No.63 Nogotirto Gamping Sleman, Yogyakarta 55292, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31101/jkk.1690

Keywords:

penggunaan gadget, gangguan pemusatan perhatian pada anak

Abstract

Balita yang mengalami gangguan perkembangan sebesar 8,1% sedangkan balita yang mengalami retradasi mental sebesar 1,9%. Sekitar 60% anak-anak dengan gangguan pemusatan perhatian, gejalanya menetap sampai remaja bahkan akan berlanjut hingga dewasa. Tujuan dari penelitian mengetahui pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap gangguan pemusatan perhatian pada anak. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan analitik korelasional dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa sekolah dasar  pada rentang usia 7-10 tahun dengan teknik quota sampling. Analisis data menggunakan chi square. Hasil penelitian di dapatkan bahwa nilai p-value sebesar 0,000 yang artinya ada pengaruh antara penggunaan gadget dengan gangguan pemusatan perhatian pada anak.

Author Biography

Enny Fitriahadi, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jalan Siliwangi No.63 Nogotirto Gamping Sleman, Yogyakarta 55292

Sinta ID: 6013452

References

Badan Pusat Statistik [BPS]. (2015). Early Depiction of Post-MDGs Development, Sustainable Development Goals ( SDGs ).

Beyens, I., Valkenburg, P. M., & Piotrowski, J. T. (2018). Screen media use and ADHD-related behaviors: Four decades of research. Proceedings of the National Academy of Sciences, (22), 201611611. https://doi.org/10.1073/pnas.1611611114

Cooper, Halsey, Laurent, S. (2009). Ensiklopedia perkembangan anak carol cooper, claire halsey, su laurent, karen sullivan. Jakarta: Esensi Erlangga group.

Daley, D., Jones, K., Hutchings, J., & Thompson, M. (2009). Attention deficit hyperactivity disorder in pre-school children: Current findings, recommended interventions and future directions. Child: Care, Health and Development, 35(6), 754–766. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2009.00938.x

Duch, H., Fisher, E. M., Ensari, I., & Harrington, A. (2013). Screen time use in children under 3 years old: A systematic review of correlates. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 10(1), 1. https://doi.org/10.1186/1479-5868-10-102

Fund, U. N. C. (2020). PBB Mengeluarkan Rencana Tanggap Darurat Kemanusiaan Untuk Pandemi COVID-19. Retrieved from https://www.unicef.org/press-releases/un-launches-global-humanitarian-response-plan-Covid-19-pandemic

Iswidharmanjaya, A. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. Jakarta: EGC.

James J. Gross. (2011). Chapter 1: Emotion Regulation: Conceptual and Empirical Foundations, 3–19.

Jessica. (2015). Media and Child Development. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences.; 15: (pp. 1–10).

Kumar, L. R., Chii, K. D., Way, L. C., Jetly, Y., & Rajendaran, V. (2011). Awareness of mobile phone hazards among university students in a Malaysian medical school. Health, 03(07), 406–415. https://doi.org/10.4236/health.2011.37068

Lui, Szeto, J. (2011). The pattern of electronic game use and related bodily discomfort in Hongkong primary school children. Computers & Education.;, 57, 1665-1674.

Maghfuroh. (2020). Pengaruh Permainan Melempar dan Menangkap Bola terhadap Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(1 Juni 2020.). Retrieved from https://ejournal.unisayogya.ac.id/ejournal/index.php/jkk/article/view/532

Meysamie. (2011). Prevalence of Attention-Deficit / Hyperactivity Disorder Symptoms in Preschool-aged Iranian Children. Iran J Pediatr, 21(4), 467–472.

Nikkelen, S. W. C., Valkenburg, P. M., Huizinga, M., & Bushman, B. J. (2014). Media use and ADHD-related behaviors in children and adolescents: A meta-analysis. Developmental Psychology, 50(9), 2228–2241. https://doi.org/10.1037/a0037318

R.K., L., S., B. B., N., A., B.E., J., S., B. B., K.P., S., … Singh, K. P. (2012). Factors associated with attention deficit/hyperactivity disorder among US children: Results from a national survey. BMC Pediatrics, 12, 50. https://doi.org/10.1186/1471-2431-12-50

RI., D. A. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi.

RI., K. (2013). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Jakarta: Badan

Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI;

RI, K. (2012). Pedoman Pelaksana Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: EGC.

Rideout. (2013). Zero to Eight Children’s Media Use in America 2013 A Common Sense Media

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-08

How to Cite

Fitriahadi, E., & Daryanti, M. S. (2020). Penggunaan Gadget Mempengaruhi Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Anak. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(2), 126–134. https://doi.org/10.31101/jkk.1690

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.